Connect with us

Bolsel

Selpian Kamaru Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa se Kabupaten Bolsel

Published

on

BOLSEL, PANTAU24.COM-Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Selpian Kamaru-Manoppo mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa se Kabupaten Bolsel, Rabu, 14 Desember 2022.

Kegiatan yang digelar Hotel Aston Manado tersebut juga dirangakiakan dengan Bimtek penguatan kapasitas bunda PAUD kecamatan dan desa, dihadiri Bupati Iskandar Kamaru, Sekretaris TP-PKK Bolsel Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, Pimpinan OPD, para camat, sangadi dan para peserta Bimtek.

Selpian Kamaru yang juga sebagai Bunda PAUD Kabupaten Bolsel ini mengharapkan sinergitas dari semua pihak. Dia juga menegaskan untuk saling koordinasi sehingga layanan PAUD berkualitas bisa terpenuhi.

“Pada tahun 2024 target semua lembaga terakreditas B, dan saat ini animo masyarakat untuk mendirikan pendidikan anak usia dini semakin tinggi, dan semua ini tidak terlepas dari peran dan dukungan pimpinan OPD dan organisasi mitra Forum PAUD dan pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya.

Baca Pula:  Sosalisasi Gerakan Transisi PAUD ke SD, Fadly Usup: Tanamkan Karakter Sejak Dini

Pada kesempatan itu juga, Selpian mengharapkan ada kolaborasi dan kerja sama dengan Bunda PAUD tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa, OPD , organisasi mitra, dinas pendidikan atau lembaga pendidikan.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Kolaborasi ini sangatlah dibutuhkan dalam rangka memenuhi unsur kinerja layanan PAUD Holistik Integratif,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Iskandar menyampaikan bahwa tugas bunda PAUD yang paling utama adalah memastikan bahwa anak-anak sudah terlayani oleh lembaga pendidikan di wilayah kita masing-masing.

“Bunda PAUD juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan setiap anak yang lahir memiliki identitas berupa akta kelahiran, agar mereka dapat menjadi warga negara Indonesia yang terlindungi hak-haknya sejak dini,” ujar Bupati.

Baca Pula:  Selpian Kamaru Kukuhkan Masni Pilomonu Sebagai Bunda PAUD Desa Pinsel

Selain itu, Kata Bupati, bunda PAUD juga harus mendorong agar para orangtua ikut aktif berpartisipasi dengan pola pengasuhan di rumah. Mengingat besarnya tantangan yang dihadapi.

“Pemerintah juga membutuhkan dukungan semua pihak. Salah satu yang sangat strategis adalah dukungan dan peran Bunda PAUD, mulai dari tingkat nasional sampai tingkat desa, sebagai motor gerakan nasional PAUD Berkualitas,” ungkapnya.

Bupati mengatakan, bunda PAUD adalah penggerak pendidikan anak usia dini, yang bersentuhan langsung dengan kelompok-kelompok pendidikan.

“Oleh karena itu saya berharap para Bunda PAUD yang telah dikukuhkan harus memiliki target selama masa baktinya wajib sudah memiiki 1 TK dan 1 KB pada setiap desa serta memiliki 1 TK Negeri di setiap Kecamatan,” pungkasnya.