TPA Pinolantungan akan Dipindah ke Batuhamba

  • Share
TPA Pinolantungan

BOLSEL, PANTAU24.COM-Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kabupaten Bolsel yang berlokasi di Desa Pinolantungan, Kecamatan Bolaang Uki dinilai tidak layak sebagai lokasi TPA.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bolsel memproyeksikan akan membangun TPA regional di Tahun 2023 yang berlokasi di Pedukuhan Batuhamba, Desa Linawan, Kecamatan Pinolosian. Lokasi ini dinilai layak dan tentunya lebih memenuhi syarat dalam pembagunan TPA.

“TPA Bolsel yang berlokasi di Desa Pinolantungan, tidak layak sebagai lokasi TPA, sehingga dicari alternatif lokasi yang lain untuk pembangunan TPA baru, Untuk lokasi TPA baru, sudah diarahkan di lokasi Batuhamba,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolsel, Mohamad Hasan saat ditemui di kantornya, Rabu, 12 Januari 2022.

Ia mengatakan, relokasi ini dilakukan mengingat TPA Pinolantungan tersebut sudah mendapat banyak protes dari masyarakat sekitar.

“Mulai dari mengeluarkan bau tak sedap dan juga TPA ini begitu berdekatan dengan pemukiman warga,” ungkapnya.

Fakta menarik dan bermanfaat

Lanjutnya, pembangunan TPA yang baru akan dianggarkan lewat APBN, dan anggaran pembebasan lahan ditanggung oleh Pemda.

“Kita menargetkan tahun 2023 pembangunan TPA Batuhamba ini sudah mulai berjalan,” ujarnya.

Muhamad menjelaskan, luas lahan untuk pembangunan TPA hampir 5 hektar. Selain itu, ia tegaskan, pembangunan TPA baru ini tidak masuk dalam kawasan hutan lindung.

“Saat ini masih dalam tahap pembebasan lahan, untuk kajian lingkungan lahan ini sudah selesai tahapannya. Sudah beberapa kali disurvei dan itu tidak masuk dalam kawasan hutan lindung,” pungkas Muhamad Hasan.

|Penulis: Reza Pahlevi

  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com