Genjot Vaksinasi, Pemkab Bolmong Siap Naik Turun Rumah Warga

  • Share
Pendistribusian vaksin sinovac ke Puskesmas Tungoi, Kecamatan Lolayan. (Foto pantau24.commarshal)
Pendistribusian vaksin ke Puskesmas di Kabupaten Bolmong. (Foto pantau24.com/marshal)

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) terus menggenjot vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Apalagi memasuki bulan Desember seperti ini, arus mudik mulai meningkat dan penularan virus corona berpotensi melonjak.

Tak tanggung-tanggung, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong bahkan siap naik turun rumah warga atau pelayanan mobile untuk melakukan vaksinasi kepada setiap warga yang belum sama sekali menerima vaksin dosis tahap satu maupun tahap dua.

“Ini merupakan upaya Pemkab Bolmong untuk menekan angka penyebaran Covid-19, serta mencegah datangnya virus Covid-19 varian baru menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Bolmong, Julin Papuling.

Selain itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat Bolmong untuk segera melengkapi diri dengan vaksin dosis satu dan dua.

“Disamping vaksinasi, kita juga perlu menjaga pola hidup sehat dan tetap mengedepankan prokes,” tambahnya.

Fakta menarik dan bermanfaat

Seperti diketahui, data per tanggal 24 November 2021, tercatat sebanyak 97.711 warga telah mendapat vaksin dosis pertama dan kedua, dari target 194.833 warga.

Baca Pula:  Warga Bolsel Belum Divaksin Bakal Tak Bisa Keluar Daerah

“Iya sekira 50,15 persen capaian vaksinasi di Bolmong saat ini. Dan ini terus meningkat sebab warga saat ini sudah cukup antusias lakukan vaksinasi,” kata Julin, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 25 November 2021.

Dikatakannya, setiap hari jumlah warga yang lakukan vaksinasi sekitar 2000-3000 warga. Para tenaga kesehatan pun dilakukan secara bergantian agar mereka tidak kewalahan.

“Ada macam strategi yang dilakukan dalam pencapaian vaksinasi, ini semua atas perintah dan petunjuk pimpinan kita, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yani Rony Tuuk serta sekda Bolmong Tahlis Gallang,” ungkap Julin.

Selain itu, di Bolmong sendiri ada keterlibatan dan kerja sama Forkopimda dalam melakukan vaksinasi di setiap wilayah di kecamatan dan desa.

Baca Pula:  70 Kasus Sembuh Covid-19 di Sulut per 28 September

“Strategi yang kami lakukan saat ini door to door di rumah warga lewat koordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan. Saya sudah contohkan di Desa Mariri baru, kecamatan Poigar, dipimpin oleh Camat Poigar,” terang Julin.

Kedepan, juga akan di ikuti oleh desa yang lain di Bolmong. Strategi door to door khususnya di Kecamatan Poigar, ditempel stiker bertuliskan penghuni rumah ini sudah divaksin itu bunyi stiker yang dikunjungi jika warga sudah divaksin.

Ia mengatakan, untuk target capaian vaksinasi di Bolmong di upayakan akhir bulan Desember tahun ini akan selesai.

“Jadi sasaran vaksinasi anak-anak umur 12 tahun sampai dewasa. Target 95 persen Desember sudah tercapai,” jelasanya.

Selain itu, strategi lainya lagi Nakes menyesuaikan keberadaan masyarakat setempat.

“Nakes siap untuk lakukan vaksinasi baik pagi, siang, sore dan malam tergantung kesiapan di desa,” pungkas Julin.(*)

  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com