Presiden: Seluruh Daerah Berlakukan PPKM Level 3 Jelang Natal dan Tahun Baru

  • Share
Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers)

PANTAU24.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh jajaran kabinet menterinya untuk mengumumkan penerapan pembatasan mobilitas masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru ke level 3. Keputusan tersebut mengacu terhadap kondisi kasus lonjakan wabah virus corona (Covid-19) yang terjadi di Negara Eropa baru-baru ini.

“Rencana penerapan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia, jelang Natal dan Tahun Baru ini agar dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat. Sampaikan mengenai perkembangan kenaikan kasus terjadi di Eropa ini penting sekali sebagai sebuah background dari keputusan yang akan kita ambil,” ujar Presiden dalam rapat terbatas mengenai evaluasi PPKM yang ditayangkan secara virtual, Senin (22/11/2021).

Jokowi mengungkapkan, memang ada daerah yang menolak pemberlakuan PPKM Level 3 tersebut. Namun demikian, ia mengingatkan pentingnya pengendalian Covid-19 agar tidak menurunkan pertumbuhan ekonomi nasional serta sektor pariwisata.

Baca Pula:  Presiden Minta Ada Standardisasi Masker untuk Masyarakat

“Karena memang ada yang beberapa menolak pemberlakuan PPKM Level 3 ini karena memang menginginkan situasi menjadi normal kembali. Tetapi kita harus ingat bahwa apapun utamanya pariwisata di Bali terdampak paling dalam, tetapi juga perlu dijelaskan apabila situasi tidak terkendali, justru akan memukul balik ekonomi dan pariwisata kita,” kata Jokowi.

Terlebih, Indonesia akan menjadi penyelenggaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan di Bali, pada tahun 2022. Kepala Negara juga meminta kepada tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 untuk mengintervensi kondisi di masyarakat.

Fakta menarik dan bermanfaat

Kepada kepala daerah, Presiden ingin mereka segera menerapkan pembatasan serupa.

Baca Pula:  Bolsel Zero Kasus Covid-19, PPKM Level 3 Berakhir

“Apalagi kita akan menjadi tuan rumah 150 meeting yang ada di G20. Oleh sebab itu, saya minta intervensi di lapangan terus dilakukan oleh Satgas. Termasuk event-event yang ada. Juga disampaikan kepada gubernur, bupati dan wali kota agar betul-betul menyeimbangkan gas dan rem sehingga kita bisa mempertahankan momentum untuk tumbuh positif,” ucap Jokowi.

Untuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang hadir dalam ratas tersebut, Jokowi memerintahkan agar segera mengambil tindakan antisipasi apabila terjadi gelombang ketiga Covid-19 jelang Nataru nanti.

“Saya minta Menteri Kesehatan untuk melakukan langkah-langkah antisipasi untuk memastikan kesiapan rumah sakit apabila terjadi lonjakan pasien selama akhir Desember. Terutama di daerah yang berpotensi kasusnya meningkat,” kata dia.(*)

  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com