Penyuntikan Vaksin Moderna untuk Masyarakat Bolmong Mulai Bergulir

  • Share
Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bolaang Mongondow.
Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bolaang Mongondow. (foto dok. pantau24.com)

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai membuka layanan vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Moderna bagi masyarakat umum. Sebelumnya, vaksin moderna yang diterima Dinkes Bolmong hanya diprioritaskan untuk tenaga kesehatan sebagai booster.

Kepala Bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinkes Bolmong, Yusuf Detu menyebutkan, saat ini Pemkab Bolmong mengantongi 500 dosis vaksin Moderna yang sudah disebar ke seluruh puskesmas penyelenggara vaksinasi di bolmong.

“Saat ini di bolmong vaksinasi moderna sementra dilaksanakan untuk 500 dosis dan sambil menunggu tambahan stok vaksin dari Pemerintah Provinsi,” sebut Yusuf Detu, saat dihubungi via pesan Whatsapp, Rabu, 8 September 2021.

Baca Pula:  Ratusan Ikan Dari Ambon Diterbangkan ke Jakarta untuk Pasien COVID-19

Di sisi lain dijelaskan, pemberian vaksin buatan Amerika Serikat itu dikhususkan bagi masyarakat umum usia 18 tahun ke atas yang belum pernah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Selain itu, vaksin moderna juga akan diberikan kepada ibu hamil.

Sementara untuk vaksin Sinovac diprioritaskan bagi anak usia 12-17 tahun. Sedangkan stok vaksin AstraZeneca akan digunakan untuk dosis kedua bagi masyarakat umum yang sudah divaksin dosis pertama menggunakan vaksin yang sama.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Khusus untuk vaksinasi dosis ketiga (Booster) bagi tenaga kesehatan dengan menggunakan vaksin Moderna mulai digelar pekan depan,” jelasnya.

Baca Pula:  Update 13 April: Covid-19 Indonesia Bertambah 316 Kasus, Total 4.557 Kasus

Untuk diketahui, progres vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bolmong tercatat paling rendah di Sulawesi Utara (Sulut). Data yang dirilis satuan tugas penanganan Covid-19 Provinsi Sulut, per tanggal 8 September 2021, capaian vaksin dosis pertama di Bolmong baru 14,31 persen atau 27.876 orang dari total target 194.833 orang.

Sementara capaian vaksinasi untuk dosis kedua, baru pada angka 4,84 persen atau 9.404. Sedangkan untuk dosis ketiga (booster) di bolmong sama sekali belum berjalan (0 persen).



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com