Bolmut dapat 285 Kuota PPPK Guru 2021, Ini Informasi Pendaftarannya

  • Share
Ilustrasi. (Foto: Prokopim Setda Bolmut)

BOLMUT, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mendapat jatah kuota 285 untuk Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) 2021.

Sementara itu pendaftaran tes PPPK guru 2021 sebagai bagian dari seleksi calon aparatur sipil negara (ASN) akan dibuka mulai 31 Mei hingga 21 Juni 2021 mendatang.

Seperti dikutip dari laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyampaikan cara mendaftar PPPK guru 2021.

Pendaftaran PPPK guru dilakukan melalui portal pendaftaran Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN melalui link https://sscasn.bkn.go.id. Dirinya menambahkan, SSCASN akan terintegrasi dengan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil untuk integrasi Nomor Induk Kependudukan.

Integrasi data juga dilakukan untuk pengecekan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga kependidikan. Selain itu juga ada integrasi data Akreditasi Program Studi/Universitas dan Lembaga Pendidikan Tinggi sebagai bentuk validasi pendidikan pelamar.

Fakta menarik dan bermanfaat

SSCASN juga terhubung dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), termasuk data guru agama di sekolah umum.

Khusus untuk proses seleksi PPPK Guru, Suharmen mengatakan setiap peserta diberikan batas waktu untuk mengikuti seleksi sebanyak 3 kali. Selanjutnya, sistem seleksi akan menggunakan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) dari Kemendikbud Ristek.

“Dalam pelaksanaan seleksi PPPK Guru ini, BKN merupakan pelaksana kebijakan yang sudah dituangkan oleh Kementerian PANRB, dengan berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah 49 Tahun 2018 tentang PPPK,” terangnya, dilansir dari detik.com

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Bolmut, Khristanto Nani mengatakan dari 576 kuota seleksi ASN di Bolmut sudah termasuk PPPK. Untuk guru 285 adalah PPPK.

Ia mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu alur sistem rekrutmen PPPK. Karena hal ini baru dalam seleksi. Akan tetapi yang pasti harus terdaftar dalam Dapodik.(*)

|Penulis: Fandri Mamonto



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com