Bersiap Hadapi Siklon Tropis Seroja, Australia Barat Minta Warganya Mengungsi

PANTAU24.COM-Pemerintah Australia meminta penduduknya lebih khusus di wilayah Denham, Shark Bay untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Pasalnya, setelah menghantam wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), kini Siklon Tropis Seroja dilaporkan akan melanda Australia Barat pada Minggu (11/4).

“Ada kemungkinan mengancam nyawa dan rumah saat topan (siklon seroja) mendekati daerah itu. Anda perlu mengambil tindakan dan bersiap untuk berlindung dari topan,” ujar Departemen Kebakaran dan Layanan Darurat (DFES) seperti dikutip AP.

Menurut Biro Meteorologi setempat, angin kencang kategori 2 dengan cepat bergerak ke tenggara dan menguat menjadi kategori 3. Klasifikasi kategori 3 terlihat dari kecepatan angin hingga 224 kilometer per jam.

Baca Pula:  Tunaikan Janji, Cherish Datangkan Ketua DPD-RI ke BMR

“Dampak ke pantai barat dimulai sore ini. Kondisi berbahaya termasuk hembusan angin yang merusak, curah hujan yang tinggi dan gelombang badai,” ujar DFES.

Dikutip ABC, peringatan telah dikeluarkan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Carnarvon dan Northampton karena Siklon Tropis Seroja semakin cepat menuju pantai Barat Australia.

Fakta menarik dan bermanfaat

Peringatan itu juga diberikan kepada masyarakat yang berada di Kalbarri, Northampton, Port Gregory dan Horrocks.

Baca Pula:  Update 5 Mei 2020: Kasus Covid-19 Indonesia Bertambah 484 Kasus, Total 12.071 Kasus

Topan Seroja diprediksi akan melintas sekitar pantai Kalbarri dan Geraldton pada pukul 21.00 waktu setempat, dengan cuaca yang cukup cerah sebelumnya.

Pemerintah setempat bersiap menghadapi kerusakan tinggi pada bangunan yang berada di daerah tersebut.

Menteri layanan darurat mengatakan hal ini mengingat bangunan tidak didesain untuk dapat menahan angin kencang dari Siklon Tropis Seroja. Biasanya fenomena itu melanda ke wilayah bagian selatan.(*)

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com