Ini Tanda Kamu Bulir alias Butuh Liburan

PANTAU24.COM-Pandemi yang berkepanjangan, nyatanya berdampak terhadap banyak hal. Salah satunya adalah kebosanan. Yup, gimana nggak bosan, selama hampir setahun aktivitas kita dibatasi termasuk urusan liburan.

Namun sayangnya, karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, kita sering nggak sadar bahwa sebenarnya kita benar-benar bulir alias butuh liburan. Nah mulai sekarang, yuk peka terhadap apa yang kita rasakan.

Coba cek beberapa hal di bawah ini yang jadi tanda bahwa kamu sebenarnya butuh liburan:

1. Fisik Mulai Sakit

Selama bekerja dari rumah bukan berarti kita banyak waktu luang untuk bersantai lho. Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah tentu menjadi hal yang berat karena sulit fokus.

Hal ini dapat membuat kamu merasa cemas bahkan sampai merasa kewalahan saat bekerja. Saat itu juga, otak melepaskan hormon stresnya untuk melawan terhadap apaun yang menyebabkan stres.

Fakta menarik dan bermanfaat

Bahkan seiring waktu, nggak jarang kamu merasakan fisiologis yang nggak nyaman karena kelelahan. Mulai dari terjadinya denyut nadi, tekanan darah, dan berkeringat. Selain itu bisa menyebabkan sakit punggung, ketegangan mata, sakit kepala, masalah gastrointestinal, pusing bahkan pingsan.

2. Perasaan Negatif

Ini sebenarnya yang paling sering muncul selama pandemi. Bosan. Ya, kamu kemungkinan sulit mengumpulkan motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan dan merasa segala hal tentang pekerjaan sangat mengganggu kamu.

Bukan hanya itu saja, sulit buat fokus karena stres berpotensi berdampak pada kemampuanmu dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Jika pikiran negatif ini meresap ke dalam kehidupan pribadimu, inilah saatnya untuk beristirahat dan berlibur.

3. Susah Tidur

Hormon stres juga bisa membuat sulit untuk melepas lelah sebelum tidur. American Psychological Association melaporkan bahwa sepertiga milenial nggak mendapatkan delapan jam tidur yang disarankan setiap malam.

Alasannya karena mereka nggak mempunyai waktu. Sementara sepertiga lainnya mengaku nggak bisa tidur karena mereka terlalu banyak berpikir.

Nah, jika ketiga hal itu kamu rasakan saat ini, sudah saatnya kamu merencanakan liburan. Di masa pandemi seperti sekarang ini, liburan sebenarnya nggak perlu jauh-jauh atau ke luar kota.

Sebenarnya otak dan tubuhmu hanya butuh ‘peregangan’ dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya menciptakan suasana liburan di rumah.

Yup, kamu bisa ambil cuti dan mulai melakukan lagi hobimu yang sempat ter-skip. Misalnya nge-gym atau menonton film favorit secara streaming.(*)

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com