Vaksinasi Bagi Pelayan Publik di Bolmut Segera Bergulir, Dinkes Mulai Lakukan Skrining

BOLMUT, PANTAU24.COM-Setelah tahapan vaksinasi corona bagi tenaga kesehatan, program vaksinasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan dilanjutkan bagi para pelayan publik.

Persiapan mulai dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Seperti skrining masal bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Bolmut.

Skrining massal itu berlangsung di Auditorium Kantor Bupati Bolmut, Kamis 4 Maret 2021.

Kepala Dinkes Bolmut, Jusnan C Mokoginta melalui Kepala bidang Penangulangan Penyakit Menular (P2M), Febryanto Lumoto menyampaikan, skrining ini merupakan langkah awal pemeriksaan kesehatan guna mendeteksi sejak dini  kondisi kesehatan para penerima vaksin Covid-19 sebelum pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap 2.

Febryanto menjelaskan, dengan mengetahui kondisi kesehatan para calon penerima vaksin, maka pihaknya bisa melakukan upaya-upaya solutif sehingga pada saat vaksinasi, para pelayan publik ini bisa disuntik vaksin Covid-19.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Tenaga Kesehatan Tak Perlu Ragu Ikut Vaksinasi Corona

“Misalnya ada yang mengalami hipertensi (darah tinggi) atau ada yang memiliki riwayat penyakit diabetes, maka melalui skrining awal ini kita bisa melakukan treatment ke mereka,” ucapnya.

Febryanto mengatakan, pada skrining awal yang digelar hari ini, pihak Dinkes Bolmut menerjunkan 6 tim.

Dimana tim 1 melakukan skrining kepada Sekretariat Daerah, Bagian perekonomian dan SDA, Bagian protokol dan komunikasi pimpinan.

Tim 2 kepada Bagian pengadaan barang dan jasa, Bagian administrasi pembangunan, Bagian Kesejahteraan rakyat.

Tim 3 kepada Bagian tata pemerintahan, Bagian organisasi,

Bagian hukum. Tim 4 kepada Bagian umum, BPBD. Tim 5 kepada Inspektorat dan  PPKAD.

Serta tim 6 kepada Dinas Pemuda dan olahraga, Kantor kesatuan bangsa dan Kantor satpol pp.

“Sedangkan sisanya akan dilayani besok,” kata Febryanto.

Baca Pula:  Hari Pertama Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 di Bolmut, 144 Pelayan Publik Berhasil Disuntik

Sementara itu, Kepala seksi pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan  jiwa (PTM-KESWA) Bidang P2 Dinkes Bolmut, Egi Mantang menambahkan, skrining awal ini juga akan dilakuan kepada pelayan publik lainnya yaitu ASN di kantor Camat, tenaga pendidik baik di Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kepala Desa dan jajaran serta pihak-pihak lainnya yang masuk sebagai kategori pelayan publik.

Egi menjelaskan, untuk skrining awal kepada pelayan publik di tingkat kecamatan akan dilakukan oleh Petugas kesehatan di Puskesmas di wilayah masing-masing.

“Skrining ini awal ini kita targetkan tuntas pekan ini. Baik skrining ASN  di OPD lingkup Pemkab Bolmut, maupun di tingkat kecamatan dan desa se bolmut,” pungkasnya.

Penulis : Rinto Binolombangan

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com