Keadaan Sosial Budaya Desa Mengkang

Rumah adat Monibi
Rumah adat Monibi

KEAKTIFAN sosial Desa Mengkang terwujud ke dalam kegiatan/organisasi seperti PKK, Karang Taruna, Pemuda dan pengajian ibu-ibu BKMT.

Di Desa Mengkang budaya Adat Monibi yang merupakan Ritual Adat Leluhur masih dipertahankan sampai sekarang ini sebagai warisan Budaya Mongondow.
Budaya adat Monibi tersebut telah disepakati /ditetapkan menjadi Ikon Desa Mengkang.

Dengan ditetapkannya Ritual Monibi sebagai Ikon Desa tersebut menyebabkan penambahan kalimat pada Visi dan Misi Desa Mengkang yaitu; “ Mewujudkan Desa Mengkang menjadi Desa Mandiri, Makmur, dan Sejahtera, melalui Bidang Pertanian, Perkebunan, Eko Wisata dalam Bingkai Kearifan Lokal”.

Baca Pula:  Asal Usul dan Legenda Desa Kopandakan II

Adapun bahasa yang umum digunakan adalah Bahasa Mongondow dan untuk kalangan generasi muda banyak menggunakan bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional.
Pelaksanaan pernikahan selain dilaksanakan sesuai Syariat Agama juga masih kental dengan budaya Adat istiadat Mongondow serta dalam penyelesaian sengketa dalam bermasyarakat juga masih kental hukum adat dan budaya.

Baca Pula:  Kondisi Geografis Desa Mengkang

Dibidang agama fasilitas tempat ibadah berupa masjid sudah tersedia bagi masyarakat yang dibangun secara swadaya masyarakat serta adanya kegiatan – kegiatan keagamaan baik di level Dusun hingga Desa.

Fakta menarik dan bermanfaat

Agama yang dianut oleh masyarakat desa Mengkang adalah Agama Islam.

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com