100 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Bolmut

  • Share

BOLMUT, PANTAU24.COM-Sebanyak 100 vial vaksin Covid-19 tiba di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Kamis 4 Maret 2021. Vaksin  Covid-19 asal Cina itu dijemput oleh petugas kesehatan Dinkes Bolmut dengan pengawalan ketat aparat TNI-POLRI melalui jalur darat.

Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Bolmut, Jusnan C Mokoginta melalui Kepala bidang Penanggulangan Penyakit Menular (P2), Febryanto Lumoto mengatakan, vaksin tersebut akan digunakan untuk vaksinasi Covid-19 tahap dua. Menurut Febryanto, 100 vial vaksin Covid-19 ini akan diberikan kepada 1000 orang.

“Karena setiap 1 vial vaksin Covid-19 ini akan disuntik kepada 10 orang,” ucapnya.

Kata Febryanto, penyuntikan vaksin Covid-19 di tahap dua ini berbeda dengan vaksinasi Covid-19 di tahap pertama.

“Kalau tahap pertama kan ada istilah dosis kesatu, kemudian setelah 14 hari diberikan dosis kedua. Nah divaksinasi tahap dua ini berbeda. Tetapi setiap sasaran mendapatkan dua kali suntikan,” kata dia.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Wajib Tahu, Setelah Disuntik Vaksin Corona Jangan Langsung Pulang

Perbedaan itu kata dia, dikarenakan jumlah sasaran vaksinasi Covid-19 di tahap dua ini begitu banyak. Mulai dari ASN dan THL non kesehatan, Kepala Desa, BPD, Imam, Pendeta dan pihak- pihak lain yang masuk dalam kategori pelayan publik.

“Ada ribuan orang yang akan disuntik vaksin Covid-19 tahap dua ini,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, terkait jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap dua, rencananya akan digelar pekan depan.

“Tapi kami masih menunggu petunjuk pimpinan,” jelasnya.

Kendati demikian, Febryanto menyampaikan bahwa, pemerintah Kabupaten Bolmut melalui intansi teknis siap melaksanakan vaksinasi tahap dua.

“Sejauh ini kita tengah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan dimaksud,” ujarnya.

Baca Pula:  Dinkes Bolmong: Lansia Jangan Takut Divaksin Covid-19

Untuk jumlah sasaran dalam vaksinasi tahap dua ini kata Febryanto, pihaknya belum mengantongi secara detail angka kumulatifnya.

“Sebab pendataan sementara berlangsung,” pungkasnya.

Pantauan media ini, vaksin tiba di gedung UPTD Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Kabupaten Bolmut pukul 18.20 Wita dan diterima oleh Bambang Ronaldi, salah satu staf di gedung tersebut.

Sebelumnya, vaksin tersebut dijemput oleh 1 orang petugas Dinkes Bolmut yaitu  Moh Aprianto Kadir dan 2 orang pegawai di UPTD Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan yakni Olivia Sumandag dan Asia dengan pengawalan ketat aparat TNI-POLRI.

Saat ini vaksin tersebut sudah tersimpan aman  di coldroom yang ada di gedung Instalasi Farmasi (IF)  Dinas kesehatan (Dinkes) dan dijaga ketat aparat TNI- POLRI.

Penulis: Rinto Binolombangan



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com