Kondisi Geografis Desa Mengkang

Salah satu jembatan yang akan dilalui saat masuk Desa Mengkang
Salah satu jembatan yang akan dilalui saat masuk Desa Mengkang

DESA Mengkang merupakan salah satu dari 14 desa di wilayah Kecamatan Lolayan yang terletak di dataran rendah dengan jarak 25 km arah selatan Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Luas wilayah total Desa Mengkang adalah ± 484,5 Ha dengan luas pemukiman ± 3 Ha. Orbitase/ jarak dari pusat – pusatpemerintahan:

  1. Jarak ke Pusat Pemerintahan Kecamatan       :  15 Km
  2. Jarak ke Pusat Pemerintahan Kabupaten        :  75   Km
  3. Jarak ke Pusat Pemerintahan Provinsi             :  235 Km

Ringkasan kondisi geografis Desa Mengkang dapat dilihat pada tabel berikut:

Iklim Desa Mengkang sebagaimana desa–desa lain diwilayah indonesia mempunyai iklim kemarau, penghujan dan pancaroba. Hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam dan keadaan masyarakat di Desa Mengkang yang sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai petani, terutama di musim kemarau banyak sawah yang hasil produksinya kurang bahkan cenderung tidak digarap.

Baca Pula:  Sejarah Pembangunan di Desa Kopandakan II

Penggunaan tanah di Desa Mengkang, sebagian besar diperuntukan untuk tanah pertanian (kebun/ladang) serta fasilitas – fasilitas umum lainnya dan sisanya untuk pertanian sawah.

Fakta menarik dan bermanfaat

Di Desa  Mengkang terdapat  dua  sungai   besar  yang  letaknya  beradadi tengah pemukiman warga. Namun untuk saluran air masih  menggunakan saluran irigasi biasa. Karena terdapat sungai tersebut dapat berpotensi banjir dan erosi/longsor yang dapat mengakibatkan kerusakan daerah persawahan dan jalan perkebunan bahkan  lahan  pemukiman  jika curah hujan tinggi.

Baca Pula:  Kejadian Penting yang Pernah Terjadi di Desa Mengkang

Wilayah Desa Mengkang dialiri oleh dua sungai besar  yakni  Sungai Mongondow dan Sungai Molobayan dan satu sungai kecil  yakni  Sungai  Mengkang.

Kawasan rawan bencana Desa Mengkang Terletak di Dusun I dikarenakan wilayah ini terletak di Daerah Aliran Sungai (DAS) dari 2 sungai yaitu Sungai Mongondow dan Sungai Molobayan.

Penggunaan tanah di Desa Mengkang sebagian besar diperuntukkan lahan perkebunan seperti kebun kelapa, kakao, cengkih, dan holtikultura sedangkan sebagian lagi untuk lahan sawah, pemukiman penduduk dan fasilitas umum yang ada di desa.

Sumber: Pemerintah Desa Mengkang

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com