Pemkab Bolsel Matangkan Persiapan Pilsang Serentak

Rakor Dinas PMD bersama Camat, Kepala Desa dan  BPD.

BOLSEL, PANTAU24.COM-Sebanyak 27 dari 81 Desa yang tersebar di 7 Kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) akan  menggelar pemilihan sangadi  (Pilsang) secara serentak pada tahun ini.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Dinas Permberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat menggelar  rapat koordinasi  dengan Pemerintah Kecamatan, Desa dan BPD di Kantor Bapelitbangda, Senin 8 Fabruari 2021.

Rakor yang dipimpin Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes), Darwis Hassan itu dihadiri camat bersama 27 Kepala desa dan BPD.

Darwis Hassan mengatakan, rakor ini sebagai tindak lanjut atas surat edaran Bupati Bolsel Nomor : 100 / 028 /1 /sekre tentang pelaksanaan tahapan pemilihan sangadi serentak tahun 2021 di Kabupaten Bolaang Mongondos Selatan.

Selain itu kata Darwis, rakor ini juga merupakan langkah awal pemerintah dalam rangka  mematangkan pelaksanaan pemilihan sangadi (Pilsang) serentak.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Pemkab Bolsel Salurkan Bantuan untuk Warga Korban Bencana Manado

Lebih jauh, Darwis menjelaskan bahwa, rakor tersebut membahas hal-hal menyangkut pelaksaan pilsang serentak terkait tahapan dan kegiatan diantaranya, tahapan persiapan, pencalonan hingga pemunggutan suaran dan penetapan calon terpilih.

“Kami juga membahas teknis pelaksanaa pilsang, seperti mekanisme pemilihan, penentuan jumlah TPS serta penegasan penerapan protokol kesehatan Covid-19,” ucap Darwis.

Menurut dia, pilsang serentak akan awali dengan tahapan persiapan  yang mulai digelar pada 4 Februari hingga 15 Maret 201. Tahapan pencalonan  16 Maret hingga 25 April, tahapan pemunggutan suara 26 April serta tahapan penetapan calon terpilih 27 April sampai 11 Juni 2021.

“Pilsang serentak ini akan berlangsung di 27 Desa yang tersebar di 7 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bolsel,” pungkasnya.

Berikut 27 Desa di Kabupaten Bolsel yang akan menggelar Pilsang serentak:

Baca Pula:  Bolsel Masuk 10 Nominasi Penilaian PPD 2021

I. Kecamatan Bolaang Uki

1. Desa Tabilaa
2. Desa Pintadia
3. Desa Toluaya
4. Desa Salongo Timur
5. Desa Salongo

II. Kecamatan Posigadan

1. Desa Luwoo
2. Desa Momalia 1
3. Desa Momalia 2
4. Desa Meyambanga timur
5. Desa Saibuah
6. Desa Molosipat
7. Desa Iloheluma

III. Kecamatan Pinolisian

1. Desa Linawan 1
2. Desa Nunuk
3. Desa Ilomata
4. Desa Pinolisian Selatan
5. Desa Kombot

IV. Kecamatan Pinolosian Tengah

1. Desa Torosik
2. Desa Tobayagan

V. Kecamatan Pinolosian Timur

1. Desa Matandoi
2. Desa Dumagin A
3. Desa Pidung

VI. Kecamatan Helumo

1. Desa Motolohi
2. Desa Transpatoa

VII. Kecamatan Tomini

1. Desa Botuliodu
2. Desa Nunuka Raya
3. Desa Pakuku jaya

Penulis: Rinto Binolombangan

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com