Connect with us

CARI TAHU

Wajib Tahu, Setelah Disuntik Vaksin Corona Jangan Langsung Pulang

Published

on

llustrasi dari pexels.com

PANTAU24.COM-Sesuai jadwal, Indonesia akan memulai vaksinasi atau penyuntikan vaksin corona pada Rabu 13 Januari 2021.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui masyarakat yang nantinya akan disuntik vaksin corona sinovac (CoronaVac).

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19 yang diterbitkan Kementerian Kesehatan disebutkan, orang yang sudah disuntik vaksin harus menunggu selama 30 menit di fasilitas kesehatan tempat penyuntikan dilakukan.

“Untuk mengantisipasi terjadinya kasus KIPI yang serius maka sasaran diminta untuk tetap tinggal di tempat pelayanan vaksinasi selama 30 menit sesudah vaksinasi dan petugas harus tetap berada di tempat pelayanan minimal 30 menit setelah sasaran terakhir divaksinasi,” dikutip dari Kemkes.go.id dalam juknis.

Baca Pula:  Jusnan: Pemkab Bolmut Siap Laksanakan Vaksinasi Covid-19

KIPI merupakan setiap kejadian medis yang tidak diinginkan. Hal ini bisanya terjadi setelah disuntikkan vaksin atau imunisasi dan belum tentu memiliki hubungan kausalitas dengan vaksin.

Fakta menarik dan bermanfaat

Dalam juknis vaksinasi Covid-19 disebutkan bahwa secara umum, vaksin tidak menimbulkan reaksi pada tubuh. Apabila terjadi, hanya menimbulkan reaksi ringan.

Reaksi yang mungkin terjadi setelah vaksinasi Covid-19 hampir sama dengan vaksin yang lain.

Baca Pula:  Wabup Bolsel Minta Sekda Laksanakan Semua Rekomendasi DPRD

Beberapa gejala tersebut antara lain :

1. Reaksi lokal, seperti, nyeri, kemerahan, bengkak pada tempat suntikan dan reaksi lokal lain yang berat, misalnya selulitis.

2. Reaksi sistemik seperti, demam, nyeri otot seluruh tubuh (myalgia), nyeri sendi (atralgia), badan lemah, dan sakit kepala.

3. Reaksi lain, seperti reaksi alergi misalnya urtikaria, oedem, reaksi anafilaksis, dan syncope (pingsan).