/

Pemkab Bolmong Kembali Salurkan Bansos Penanganan Covid-19 Tahap IV

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow menyerahkan bantuan sosial tahap IV secaar simbolis kepada perwakilan penerima di Desa Lobong, Kecamatan Passi Barat

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali menyerahkan secara resmi bantuan sosial (bansos) tahap IV, Senin 28 September 2020.

Bantuan yang diserahkan langsung Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow dan Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling tersebut terkait dengan percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19. Penyerah bansos tahap IV ini dimulai di Kecamatan Passi Barat, tepatnya desa Lobong.

Kemudian dilanjutkan di Desa Bangomolunow, Kecamatan Bolaang.

Sesuai jadwal (tentative), penyerahan bansos langsung oleh bupati akan digelar selama lima hari. Yakni hari kedua, Selasa 29 September 2020 (hari ini) dilanjutkan di Desa Batumerah, Kecamatan Sang Tombolang dan Desa Tuyat, Kecamatan Lolak. Kemudian hari ke tiga, Rabu 30 September 2020, di Desa Mopugad Selatan, Kecamatan Dumoga Utara, Desa Bonawang, Kecamatan Dumoga Tenggara, Desa Toraut Utara, Kecamatan Dumoga Barat, Desa Werdhi Agung, Kecamatan Dumoga Tengah, Desa Kembang Mertha, Kecamatan Dumoga Timur, dan desa Siniyung, Kecamatan Dumoga.

Hari keempat, Kamis 1 Oktober 2020, di Desa Tiberias, Kecamatan Poigar, Desa Lolan 2, Kecamatan Bolaang Timur, dan terakhir di hari kelima Jumat, 2 Oktober 2020 di Desa Bilalang IV, Kecamatan Bilalang, Desa Pangian Barat, Kecamatan Passi Timur, dan Desa Tungoi I, Kecamatan Lolayan.

Fakta menarik dan bermanfaat

Jenis bantuan yang diserahkan masih seperti pada tahap-tahap sebelunya. Hanya saja, jumlahnya yang berubah.

“Awalnya bantuan pangan non tunai (BPNT) dari pemkab bolmong dengan total penerima 8370 masing-masing mendapatkan Rp 600 ribu, beras 36 kilogram, 6 kaleng ikan, gula pasir 4 kilogram, dan minyak kelapa 2 liter itu mengalami perubahan,” kata Bupati dalam sambutannya.

Lebih lanjut, alasannya adalah agar bisa berbagi secara adil dengan penerima bantuan sosial tunai (BST). Pasalnya, BST di tahap keempat ini tinggal menjadi Rp 300 ribu. Oleh karena itu, bantuan yang dianggarkan lewat APBD kabupaten juga berubah. Jadi semua penerima bantuan mendapatkan bantuan dengan porsi yang sama.

“Tapi dalam bentuk bahan pangan. Yang tadinya menerima beras 36 kilogram, menjadi 18 kilogram. Karena yang 10 kilogram itu kita berikan kepada 10.203 kepala keluarga masing-masing mendapatkan 10 kilogram,” sebut Bupat.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) I Nyoman Sukra mengatakan total penerima bantuan baik dari APBD dan APBN yang di top up Pemkab Bolmong sebanyak 19.373 Kepala Keluarga.

“Untuk yang dibiaya dari APBD sebanyak 9.170 KK namun ada juga yang di top up seperti penerima BST dan penerima bantuan dari Kementerian kelautan, sehinga total yang menerima bantuan 19.373 KK,” tambahnya.

Senada dikatakan Kepala Dinas Sosial Abdul Haris Bambela. Menurutya, bantuan sembako dari Dinas Sosial juga sudah dalam tahap pendistribusian di tingkat Kecamatan.

“Hari ini mulai penyalurannya. Tinggal ada beberap Kecamatan dalam proses, kami akan pacu besok sudah selesai. Untuk tahap empat ini ada penambahan jumlah penerima sebanyak 800 KK, sehingga yang akan menerima paket full dari Dinsos sebanyak 5.048 Kepala Keluarga. Paket full ini sudah ada beras 18 Kg, Minyak Goreng 2 Liter, Gula Pasir 4 Kg, dan Ikan 8 kaleng,” pungkasnya.

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com