Oleh: Anjelia Malaru, Mahasiswa Unika Dela Salle, Manado

Menjadi tua merupakan hakekat setiap manusia.kita perlu bersyukur dalam menjalaninya karena kita masih diperbolehkan untuk menikmati hari tua.

Lansia identik dengan tua, rentah, berpenyakit, dan pelupa. Seiring berjalannya waktu bertambahnya usia fungsi tubuh manusia semakin menurun. Meskipun demikian bukan berarti lansia tidak sehat dan kuat. Untuk itu perlu ada kesadaran sejak dini untuk menjaga kesehatan agar tetap sehat dan kuat.

Ada beberapa makanan dan kegiatan yang perlu diingat.

Untuk menjaga kesehatan diperlukan mengonsumsi makan yang sehat sejak dini, sehingga makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh memiliki nutrisi dan gizi yang seimbang.jika makanan yang tidak sehat masuk terus menerus kedalam tubuh maka tubuh kita akan gampang  terserang penyakit.

Protein terbesar berada pada daging dan ikan. Mengonsumsi daging dengan baik dan  benar akan sangat bermanfaat bagi tubuh, tapi jangan berlebihan dalam mengonsumsi daging karena akan mengakibatkan  gangguan pada tubuh.sedangkan ikan sangat bermanfaat bagi perkembangan otak.

Di Indonesia nasi merupakan makanan yang sering dimakan dalam jumlah yang banyak. Nasi mengandung karbohidrat, jika mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang banyak dan tidak teratur maka akan sangat tidak baik untuk tubuh dan dapat mengakibatkan gula darah tinggi dan penumpukan lemak. Untuk mengurangi kadar gula dalam tubuh sebaiknya mengonsumsi beras merah. 

Sedangkan Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, jika sering minum air putih maka tubuh akan lebih sehat.dengan sering  meminum air putih  cairan yang keluar dari dalam tubuh akan segera terganti.

Untuk menghadapi masa lansia ada baiknya kita mendeteksi penyakit sejak dini, sehingga dapat mengetahui bibit penyakit dalam tubuh dan berpeluang besar untuk sembuh. Mendeteksi penyakit sejak dini agar  dapat melakukan pencegahan, perawatan, dan pengobatan dengan benar dan tepat untuk menghadapi masa tua.

Menjaga tubuh tetap sehat bagi lansia atau  dalam menghadapi masa tua biasakan mulai dari sekarang untuk menghindari resiko yang mengakibatkan suatu penyakit. Bagi yang sudah mengalami penyakit sebaiknya untuk lebih sering memeriksakan diri.

Sebaiknya sejak dini tidak merokok agar terhindar dari penyakit paru-paru dan menghindari mengonsumsi gula, garam, dan lemak yang berlebih agar tidak terserang diabetes.

Sejak dini biasakan mengonsumsi sayur dan buah-buahan karna kedua makanan tersebut memiliki banyak manfaat yang besar dan memiliki vitamin yang banyak bagi tubuh.

Selain menjaga pola makan sehat lansia juga dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik yaitu olahraga atau jalan sehat, agar otot tubuh tidak kaku dan tidak gampang mengalami sakit tulang. Karena pada masa tua kepadatan tulang mulai menurun mengakibatkan tulang keropos atau biasa disebut osteoporosis.

Selain gaya hidup sehat, lansia juga dianjurkan untuk hidup dengan pemikiran yang positif. Pemikiran positif dapat memicu otak untuk tetap bekerja dengan baik. Hidup positif dapat dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas, menerima diri apa adanya, hidup harmonis dengan keluarga, dan selalu bersyukur.