Terapi Nonfarmakologi Untuk Lansia Yang Mengalami Insomnia

Penulis: Natalia Warfandu, Mahasiswa Unika Dela Salle Manado

Penuaan merupakan proses terjadi nya perubahan fisiologis dan psikologis.Menua bukanlah suatu penyakit melainkan berkurangnya daya tahan tubuh dalam menghadapi berbagai perubahan dalam diri lansia.

Salah satu perubahan yang sering terjadi pada lansia adalah perubahan pola tidur atau yang biasa juga disebut insomnia.

Insomnia merupakan gangguan tidur yang sering dialami pada lansia, yang dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup lansia.

Baca Pula:  Bahaya Anemia Pada Lansia

Ada berbagai macam jenis terapi nonfarmakologi yang dapat diberikan pada lansia terdiri dari stimulus control, sleep restriction,sleep higiene,dan terapi relaksasi.

Pada terapi ini lansia di minta untuk menggunakan tempat tidur  hanya untuk tidur saja dan menghindari aktivitas lain seperti nonton tv dan membaca.

Fakta menarik dan bermanfaat

Pada terapi ini lansia di ajurkan untuk tidak tidur terlalu lama dengan mengurangi waktu berada di tempat tidur, jadi pada terapi ini lansia di harapkan dapat menentukan waktu dan lama nya tidur sesuai dengan kebutuhan lansia.

Baca Pula:  Pentingnya Dukungan Keluarga Untuk Kualitas Hidup Lansia

Pada terapi ini lansia di anjurkan untuk melakukan olahraga secara teratur pada pagi hari seperti jalan kaki dan senam lansia.

Pada terapi ini di anjurkan untuk lansia melakukan terapi relaksasi napas dalam dengan tujuan untuk mengatasi kebiasan usia lanjut yang mudah terjaga pada malam hari.

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com