Connect with us

Bolmong

Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit Buka Lomba Karapan Sapi di Desa Ikhwan

Published

on

Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit melepas peserta lomba karapan sapi. (Foto: Gawai.co)

BOLMONG, PANTAU24.COM – Acara perlombaan karapan sapi yang diadakan di Sirkuit Pacu Lembah Sunyi Didian, Desa Ikhwan, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), telah dimulai pada hari Rabu, 17 April 2024.

Pembukaan tersebut dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Limi Mokodompit, yang turut ditemani oleh Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling.

Perlombaan karapan sapi ini adalah event tahunan yang telah menjadi bagian dari tradisi budaya yang diwariskan oleh masyarakat Suku Jawa Tondano yang tinggal di Desa Ikhwan.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Asisten, Kepala OPD, Camat Dumoga Barat, Kapolsek Dumoga Barat, Danramil, Sangadi se-Kecamatan Dumoga Barat, para peserta, dan ribuan warga.

Baca Pula:  Limi Buka Program Organisasi Penggerak Ikatan Guru Indonesia di Bolmong

Saat tiba di lokasi, Pj Bupati Limi Mokodompit disambut dengan pertunjukan kesenian Hadra dan tarian Dana-dana kreasi, yang merupakan simbol penyambutan masyarakat Desa Ikhwan kepada tamu terhormat.

Fakta menarik dan bermanfaat

Dalam sambutan pembukaannya, Pj Bupati mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah dan menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin.

Pj Bupati juga memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan acara yang positif ini dan mengungkapkan harapan agar tradisi ini terus dilestarikan.

“Ini adalah kebanggaan kita bersama, mengingat lomba karapan sapi ini adalah yang satu-satunya di Kabupaten Bolmong, bahkan di wilayah Bolaang Mongondow Raya. Oleh karena itu, kami berencana untuk membangun sirkuit karapan sapi yang lebih besar lagi,” tutur Bupati.

Baca Pula:  DPRD Bolmong Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2022

Ia juga menekankan pentingnya menjaga sportivitas selama lomba berlangsung.

“Dalam sebuah pertandingan, ada yang menang dan ada yang kalah, hal itu sudah biasa. Namun, yang lebih penting adalah memelihara tali persaudaraan,” tambahnya.

Diketahui, secara pribadi Pj Bupati, Limi Mokodompit memberikan sumbangan sebesar Rp10 juta kepada panitia lomba karapan sapi.

Informasi tambahan, lomba karapan sapi di Desa Ikhwan diikuti oleh 45 peserta dari berbagai daerah di Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo.