Connect with us

Bolmong

Nelayan di Bolmong Terima Bantuan Alat Tangkap Ikan dari Pemkab

Published

on

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Bolaang Mongondow (Bolmong) menyerahkan bantuan paket alat tangkap ikan bagi nelayan tahun 2023.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Penjabat (Pj) Bupati Bolmong, Limi Mokodompit, bertempat di Pantai Lolak Cantika, Desa Motabang, Kecamatan Lolak, Rabu, 29 November 2023.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Parman Ginano melaporkan, bantuan paket alat penangkapan ikan bagi nelayan pesisir ini berkat lobi dari Pj Bupati, Limi Mokodompit.

Seharusnya, Bolmong tidak mendapatkan bantuan tahun ini, sebab sebelumnya kita sudah menerima bantuan dari pusat yang cukup besar. Namun berkat lobi dan dorongan dari Bupati, Bolmong kembali mendapat bantuan tersebut meski tidak sebanyak tahun lalu.

“Kita tahun ini mendapat bantuan paket alat tangkap ikan bagi nelayan dari sumber dana DAK tahun anggaran 2023 sebesar Rp 1,3 Miliar,” ungkap Parman dalam laporannya.

Fakta menarik dan bermanfaat

Ia pun menyebutkan ada lima kelompok koperasi yang telah mendapatkan bantuan itu, yakni Koperasi serba usaha samudra, koperasi serbag usaha andalan mitra sejahtera Natton, Koperasi serba usaha sinar molosing, koperasi serba usaha bintang fajar timur, dan koperasi produsen serba usaha robayat naton Domisil.

Baca Pula:  Resmi Dikukuhkan, Paskibraka Kabupaten Bolmong Siap Kibarkan Bendera Merah Putih

“Koperasi yang mendapatkan bantuan dari Koperasi desa Motabang, Kelurahan Inobonto, desa Lolak, dan desa Domisil,” ungkap Parman.

Kemudian, kata dia paket alat tangkap ikan nelayan tersebut, yakni Perahu berukuran lebih kecil dari 5 GT dan sarana pendukungnya bersumber dari dana DAK tahun 2023 . Penerima, ada 5 koperasi, masing-masing koperasi 1 unit perahu, 1 unit mesin tempel 20 PK, Jaring 1 Paket, GPS 1 buah, Life Jacket 5 Buah, Ring Boy 1 Buah, Cool Box 2 Buah, Tali Tambat 2 Buah, Jangka 1 Buah.

Sementara dalam kesempatan itu, Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada penerima bantuan alat perangkat nelayan. Kata dia, alat penangkapan ikan bagi nelayan ini merupakan kebutuhan bapak/ibu nelayan.

Baca Pula:  Bupati Limi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 di Bolmong

“Perlu bersyukur kepada pemerintah kecamatan dan desa karena menjadi jembatan dari masyarakat bagi penerima bantuan nelayan,” kata Bupati.

Ia pun membenarkan, paket bantuan alat perangkat ikan bagi nelayan ini, atas lobi dan kerja keras dari Dinas Perikanan Bolmong. “Apresiasi kepada dinas perikanan yang tak henti-hentinya melobi anggaran di pusat,” kata Limi.

Limi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa Motabang, Lolak, Inobonto, dan Domisil yang telah membantu dan mendukung para Nelayan.

Ia juga berpesan, bagi kelompok koperasi untuk dapat menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. “Paket bantuan yang diberikan adalah milik bersama bukan digunakan oleh perseorangan,” pinta Bupati.

Tak hanya itu, Bupati meminta kepada Sangadi untuk dapat mengawasi atau monitor bantuan kepada penerima alat perangkat nelayan tersebut. “Jika disalah gunakan agar dapat diberikan sangsi,” tegas Bupati.