Connect with us

Bolmut

Tekad Menjaga Budaya Bolmut dan Seminar Hasil Penelitian Sejarah

Published

on

BOLMUT,PANTAU24.com– Dinas Pendidikan dan Kebuyaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar seminar hasil penelitian sejarah, Rabu 8 November 2023 di aula Dikbud.

Seminar ini tentang kawasan kerajaan Bintauna, Bolangitang dan Kaidipang abad ke 17 Masehi sampai abad ke 20 Masehi.

Kepala dinas Dikbud Fadly Usup mengatakan kegiatan ini sangatlah penting. Apalagi terkait sejarah kerajaan di daerah ini.

Walau demikian, Usup mengakui kegiatan seperti ini peminatnya kurang. Akan tetapi pihaknya tidak akan pernah surut dalam menjaga kebudayaan di Kabupaten Bolmut.

“Hal ini juga agar kebudayaan di Bolmut tidak akan punah,”ujarnya.

Menurut Usup, ada banyak potensi budaya yang belum dikenal sehingga perlu digali. Walau menggali potensi budaya agak berat. Tapi harus dilakukan.

“Kami bertekad sebanyak-banyaknya budaya di Bolmut akan kami daftarkan agar tidak di klaim oleh pihak lain,”kata Fadly.

Sebelumnya kata Usup Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menetapkan tiga warisan budaya Kabupaten Bolmut sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.

Warisan budaya bersifat tak benda tersebut mencangkup cerita rakyat yang melegenda, resep makanan, bahasa, permainan rakyat hingga seni pertunjukan.

Beberapa karya budaya asal Bolmut yang telah ditetapkan sebagai WBTB Indonesia diantaranya, Tarian Mojoke, Kulipu dan Palelat.

“Nanti naskah kajian dari tiga budaya ini akan kami bukukan untuk menjadi pelajaran Muatan Lokal di sekolah,”ujar Usup.

Sementara itu dalam kegiatan tampak diskusi seru terjadi dalam membahas sejarah bersama tim peneliti dengan para peserta yang hadir.