Connect with us

ADVERTORIAL

Pj Bupati Bolmong Resmikan Tiga Lumbung Pangan Masyarakat

Published

on

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Tahap II tahun 2023.

Penyaluran bantuan itu, dipusatkan di Desa Konarom Kecamatan Dumoga Tenggara, Jumat 22 September 2023, sekaligus peresmian Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) untuk 3 Gapoktan di Kabupaten Bolmong.

Kadis Ketahanan Pangan Bolmong I Wayan Mudiyasa mengatakan, terdata, bantuan pangan tahap dua di Kabupaten Bolmong ada 18.031 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Adapun pengurangan untuk penerima bansos tahap dua ini, yakni pengurangan 1.322 KPM dari tahap pertama 19.353 KPM.

Jadi, total bantuan pangan untuk tahap kedua se Kabupaten Bolmong 18.031 dikali 30 Kg per KPM, berjumlah 540.930 Kg. Sedangkan Kecamatan Dumoga Tenggara, penerima bantuan pangan CPP beras 639 KPM dikali 30 Kg, 19.170 Kg.

Sementara, total anggaran 3 LPM adalah 3 M yang terdiri dari, pembangunan fisik Rp 1. 571. 400 dan pengadaan alat masing-masing Rice Milling Unit (RMU) Rp143.000.000 dikali 3 LPM dengan jumlah 429.000.000, serta Bed Dryer Rp 291.500. 000 dikali 3 LPM berjumlah Rp 874.500.000.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Pj Bupati Bolmong bersama Jajaran Silaturahmi ke Pemkab Bolsel

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit didampingi Kadis Sosial, Kadis Ketahanan Pangan Bolmong.

Dalam sambutannya Limi menyampaikan, penyaluran beras CPP ini merupakan program prioritas pemerintah dalam upaya meringankan beban masyarakat.

Bantuan pangan CPP tersebut juga merupakan program bantuan dari Badan Pangan Nasional dalam rangka melakukan antisipasi, mitigasi, dan pelaksanaan keperluan yang ditetapkan Pemerintah.

Di antaranya stabilitas harga, mengatasi masalah pangan, mengatasi krisis pangan, dan pemberian bantuan pangan. Limi mengungkapkan bantuan beras ini harapkannya dapat meringankan beban masyarakat penerima dan bisa menopang kebutuhan pokok bagi masyarakat yang kurang mampu.

Baca Pula:  Pj Bupati Bolmong Terima Penghargaan KLA Pratama dari Kementerian PPPA-RI

“Kami ucapkan rasa terima kepada pemerintah pusat dalam hal ini, Presiden Joko Widodo. Bantuan ini tentunya ini dapat membantu meringankan beban warga masyarakat Bolmong,” ujar Bupati.

Bupati juga memberikan apresiasinya kepada Bulog Sub Divre Bolmong serta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Sosial Bolmong.

“Beras yang disalurkan berjenis premium, bagus dan pasti sudah sesuai standard untuk disalurkan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sekadar informasi, usai melakukan penyerahan secara simbolis serta menandatangani Prasasti, Bupati bersama rombongan meninjau lokasi Gapoktan Desa Konarom.

Kegiatan tersebut turut dihadiri perwakilan dari PT Pura Baru Utama Kudus Jawa Tengah, Ketua KNPI Bolmong Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Sosial, serta beberapa OPD, Camat, Para Sangadi, Perangkat Desa serta masyarakat penerima bantuan. (Advertorial)