Connect with us

Bitung

Beda Dengan Legislator Lain, Hasil Pelisir Geraldi Mantiri Bawa Manfaat Untuk Ribuan Siswa di Bitung

Published

on

BITUNG, PANTAU24.COM–Anggaran pelisir atau perjalan dinas ke luar daerah untuk anggota DPRD Kota Bitung tidak sedikit dihabiskan setiap tahunnya.

Bahkan, anggaran pelisir yang menjadi andalan para legislator untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah setiap keberangkatan mereka itu hampir setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Geraldi Mantiri bersama para orang tua siswa penerima bantuan PIP 2023

Namun sayangnya, banyak dari oknum wakil rakyat yang menggunakan uang negara ini pulang-pulang tidak membawa hasil dari pelisir mereka itu untuk masyarakat dan Kota Bitung.

Berbeda dengan Geraldi Mantiri. Anggota DPRD Bitung yang satu ini ternyata mampu. Bahkan dinilai berhasil dalam memanfaatkan anggaran pelisirnya itu untuk melobi dan memperjuangkan bantuan-bantuan dari Pusat ke Kota Bitung.

Salah satu contohnya yakni, bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) 2023 yang dikhususkan pemerintah kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Franky Ladi Menguat Jabat Sekwan DPRD Bitung, Harus Mampu Mejembatani Pemkot dan Wakil Rakyat,

Geraldi Mantiri yang merupakan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bitung dari hasil pelisirnya, berhasil memperjuangkan ribuan siswa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK di Kota Bitung merasakan manfaat dari bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) 2023 tersebut.

Menurut Geraldi,  ditemui disela-sela tugasnya sebagai seorang wakil rakyat dia mengatakan, di tahun 2023 ini kouta untuk penerima bantuan tersebut mengalami penambahan.

“Untuk kouta penerima bantuan PIP di tahun 2023 ini bertambah dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 2000an siswa. Tahun ini ada ketambahan kouta 1000an siswa. Kalau di total kurang lebih ada sekitar 3.150 siswa di Bitung menerima PIP di tahun 2023,” bebernya, Senin (17/07/2023).

Salah satu politisi muda ini tak malu-malu membeberkan jika program PIP itu merupakan satu dari berbagai hasil pelisirnya selama menjadi anggota DPRD Bitung.

Baca Pula:  Warga Curhat di Reses Ketua DPRD Bitung, Aldo Nova Raungalo: Masih Banyak Aspirasi Harus Diperjuangkan

“Bantuan PIP ini hasil lobi kami ke DPR RI lewat Ibu Adriana Dondokambey dan Vanda Sarundajang. Jadi, kami memanfaatkan jaringan di pusat karena di PDI Perjuangan memang seperti itu,” terangnya.

Bahkan kata putra pertama Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri ini, manfaat dari hasil lobi itu sudah banyak dirasakan oleh masyarakat. Dan program PIP ini kata dia, akan terus berlanjut hingga tahun-tahun mendatang.

“Mudah-mudahan juga setiap tahunnya, kouta program PIP bertambah. Sehingga, bisa terjangkau ke semua siswa,” bebernya.

Lanjutnya, melalui anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, ia bakal mengusulkan semua siswa yang ada di Kecamatan Matuari dan Ranowulu untuk diverifikasi dari Kementerian Pendidikan.

“Kalaupun ada yang belum dapat ditahun ini, maka akan kembali diusulkan di tahun depan,” pungkasnya.