Connect with us

Bitung

Wali Kota Maurits Mantiri Bacakan Sambutan Menteri Koperasi dan UKM RI

Published

on

BITUNG, PANTAU24.COM–Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung, yang juga Ketua Dewan KORPRI, Rudy Theno memimpin Upacara Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 76 dan Apel KORPRI Pemerintah Kota Bitung yang digelar di Lapangan Upacara Kantor Walikota Bitung. Senin, (17/07/2023).

Kesempatan itu, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri membacakan sambutan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki. Dimana menyampaikan, Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan  anggota dan masyarakat.

“Untuk mensejahterakan anggota, koperasi menyelenggarakan berbagai usaha serta layanan sesuai kebutuhan anggota.  Disitulah inti dari koperasi sebagai perusahaan. Dimana anggota sebagai pemilik dan pengguna jasanya. Dengan menyatukan kepentingan di bawah koperasi, efisiensi kolektif dapat dilakukan, posisi tawar terhadap pasar dapat ditingkatkan. Serta konsolidasi sumberdaya untuk berbagai usaha dapat diselenggarakan,” ungkapnya.

Dia menuturkan, majunya usaha koperasi akan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.  Bila hal itu kata dia, tidak terjadi, bukan teorinya yang salah. Namun praktiknya yang keliru dan harus diluruskan.

Baca Pula:  Lantik Pengurus¬† KKJ Satya Bhakti Kota Bitung, Wali Kota Maurits Mantiri Sampaikan Hal ini..

“Pemerintah saat ini fokus pada pengembangan koperasi sektor ril guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas.  Dari sisi peluang, koperasi sektor riil ini juga memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata dan banyak macam usaha lainnya. Untuk memajukan koperasi di Indonesia dibutuhkan landasan hukum yang kuat sebagai pegangan bagi semua pihak. Pemerintah, Masyarakat, Aparat Penegak Hukum dan pihak-pihak lainnya. Sehingga saat ini Kemenkop UKM tengah menyusun RUU Perkoperasian sebagai pengganti UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian,” jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat

Lanjut Maurits, RUU Perkoperasian ini dirancang untuk mendorong koperasi lebih adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ekonomi, teknologi, sosial dan budaya secara global. Dengan adanya pembaharuan UU Perkoperasian itu kata dia, pihaknya berharap koperasi mampu menjawab tantangan jaman dan memiliki daya saing dan daya sanding yang besar.

Baca Pula:  Diterima Hengky Honandar, Kemenkumham RI Serahkan Sertifikat Pencatatan Cipta Batik Milik Pemkot Bitung

Usai upacara, Maurits menyerahkan SK Pensiun PNS, SK Kenaikan Gaji Berkala (PNS), Akta dan Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum Koperasi dari Kementerian HUKUM dan HAM, Nomor Induk Koperasi, Hadiah lomba kelurahan Tahun 2023 serta Penyerahan 3 Unit kendaraan Operasional pengangkut sampah dari Pihak Penyedia PT. Hino Neggapratama Internusantara kepada Pemerintah Kota Bitung. Dan selanjutnya diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup sumber dana DAK 2023 dan Mobil Jenazah untuk Klinik KORPRI Kota Bitung.

Selain itu, Wali Kota Maurits juga meninjau Bazar Pasar Murah yang menjual minyak goreng, beras, tepung serta produk-produk UMKM Kota Bitung. Bazar ini dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Bitung bekerja sama dengan Dewan Pengurus KORPRI Kota Bitung dan Perusahan Bimoli, Indofood, BULOG, Wilmar, SMS, dan Dewan Kerajinan Nasional Kota Bitug (DEKRANASDA) serta perusahan lainnya yang di Kota Bitung.