Connect with us

Bolmong

Diresmikan Gubernur Sulut, Gedung RS Kelas D Pratama Dumoga Resmi Beroperasi

Published

on

BOLMONG, PANTAU24.COM-Gedung Rumah Sakit (RS) Kelas D Pratama Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) diresmikan, Senin 19 Juni 2023.

Gedung RS yang terletak di Desa Modomang, Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolmong itu, diresmikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey. Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit turut mendampingi gubernur.

Hadir pula beberapa pejabat Pemprov Sulut, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Dandim 1303/BM Letkol Inf Topan Angker, Sekertaris daerah Tahlis Gallang, kepala OPD, tenaga kesehatan, BUMD, BUMN, camat, Sangadi, tokoh adat dan tokoh lintas agama.

Gubernur sulut Olly Dondokambey disambut dengan adat Tuwitan, tarian kabela dan tarian Puspa Bali. Dalam sambutannya, Pj Bupati Limi Mokodompit menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan ucapan selamat datang di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Baca Pula:  Limi Hadiri Upacara Ngaben Parisada Massal di Werdhi Agung Selatan

“Dengan dibangunnya Rumah Sakit ini diharapkan dapat membantu warga masyarakat Dumoga raya dalam pelayanan kesehatan yang maksimal,” kata Bupati.

Fakta menarik dan bermanfaat

Limi menambahkan, tujuan dibangunnya RS ini untuk pemerataan fasilitas dan pelayanan kesehatan kepada warga dumoga bersatu.

“Kita sudah memiliki RS di Bolmong, namun secara geografis sangat jauh dijangkau untuk warga Dumoga. RS ini, nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang serta dokter ahli dalam bidang masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Bolmong dalam rangka penyediaan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat di Dumoga Bersatu.

“Tentu saya berharap, kehadiran RS ini mampu melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan standar yang tinggi,” kata Olly.

Selain itu, dari Pemprov tentu akan terus menopang pembangunan dan pengembangan, termasuk tenaga medis. Dirinya juga mengajak kepada pemerintah 15 kabupaten/kota di Sulut full dalam pelayanan BPJS, saat ini kita sudah melakukan pelayanan BPJS sebesar 70 persen.

Baca Pula:  Rumah Korban Banjir dan Tanah Longsor di Solimandungan Baru Kembali Dibangun, Pj Bupati Bolmong Serahkan Bantuan Dana

Selain itu Gubernur mengingatkan, agar masyarakat lebih proaktif dalam meng-update data diri BPJS, jangan nanti sakit baru sibuk mengurus dan mencari BPJS. Masyarakat harus sadar dengan kesehatan.

“Sekali lagi saya mengajak untuk terus bersinergi dan berkolaborasi, memperluas pelayanan dalam bidang kesehatan. Mudah-mudahan RS Kelas D Pratama Dumoga nantinya akan menjadi RS rujukan,” ucap Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur Olly Dondokambey langsung melakukan peresmian dengan ditandai pembukaan papan nama RS, penandatanganan prasasti, dan pengguntingan pita bersama Bupati Bolmong. Dilanjutkan dengan melakukan peninjauan fasilitas dan ruangan Rumah Sakit.