Connect with us

Bitung

Berhasil Menjadi Kota Kreatif Kuliner,Kota Bitung Dapat Penghargaan Dari Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno

Published

on

BITUNG, PANTAU24.COM–Kota Bitung kembali mendapatkan penghargaan di sektor Pariwisata.

Kali ini penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno berupa Plakat dan SK Kota Kreatif subsektor Kuliner kepada Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri yang diwakili Sekda Kota Bitung, Rudy Theno, di Semarang, Jumat (19/05/2023).

Informasi diperoleh, Menteri Sandiaga Uno menyerahkan penghargaan yang berhasil diraih Kota Bitung melalui proses yang panjang. Dimana, berbagai tahapan telah dilalui. Mulai dari tahapan verifikasi dan kurasi sejak awal 2022 oleh Tim Kemenparekraf antara lain Uji Petik, Pengisian Borang, FGD serta musyawarah dengan pemangku kepentingan di Kota Bitung dengan melihat potensi besar yg sudah dilakukan selama ini.

Baca Pula:  Lantik Pengurus Forum Pembaruan Kebangsaan, Wali Kota Maurits Tekankan Hal ini..

“Penghargaan ini merupakan prestasi untuk Kota Bitung. Kami akan terus berkomitmen menjadikan Kota Bitung lebih hebat lagi kedepan dengan berbagai potensi yang dimiliki,” ujar Sekda Rudy Theno.

Adapun, kuliner yang menjadi andalan Bitung antara lain Shasibi, Dada dan Rahang Tuna, Nasi Jaha Cakalang, Gohu Ikan, Roll Tuna dan masih banyak lagi.

Fakta menarik dan bermanfaat

Menteri Sandiaga Uno sendiri memberikan apresiasi khusus saat pihaknya berkunjung di Booth Kota Bitung. Dalam kunjungannya itu Sandiaga menyempatkan mencicipi Shasibi dan juga melihat langsung produk-produk UMKM.

Baca Pula:  HKG PKK Ke-51 Tahun, Ketua TP PKK Bitung Rita Mantiri Tangkudung: Membawa Semangat Baru dan Menjadi Pelopor

“Kami sangat yakin kuliner Bitung akan membawa dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kami berjanji akan melakukan kunjungan kembali ke Bitung,” terang Sandiaga Uno.

Kegiatan itu juga, ditampilkan Tarian Tangkap Cakalang dan Tarian Tetengkoren sebagai bagian promosi Pariwisata Bitung.

Adapun beberapa kota yg menerima Plakat dan SK pada kegiatan Semarak Jejakk (Jejaring Kota Kreatif) 2023 antara lain Bitung, Balikpapan, Bantul, Bone Bolango, Ponorogo, Wakatobi, Majalengka, Gunungkidul, Kutai Kartanegara, Palembang dan Sabang.

Hadir mendampingi pada kegiatan ini Kadis Pariwisata Pingkan Kapoh, Kabid Ekonomi Kreatif Altin Tumengkol.