Connect with us

Bitung

Kota Bitung Raih Rekor MURI Peserta Terbanyak Pelatihan Matematika Metode GASING, Maurits Mantiri: ini Berkelanjutan

Published

on

BITUNG, PANTAU24.COM–Kebangaan buat Kota Bitung yang berhasil meraih Rekor MURI pada pelatihan Matematika metode Gampang, Asik dan Menyenangkan (GASING).

Piagam penghargaan Rekor MURI itu diberikan langsung oleh Direktur Marketing MURI, Awan Raharjo  dan di terima Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, disaat penutupan Kegiatan pelatihan Metode GASING, yang berlangsung, Sport Hall dan Convention,  Kelurahan Manembo-nembo, Kecamatan Matuari, Senin (13/03/2023).

Piagam Rekor MURI itu diberikan karena Kota Bitung dalam pelatihan Matematika Metode GASING adalah peserta terbanyak. Yakni, dengan berjumlah 1200 orang.

Terdiri 400 orang tenaga pendidik dan 800 murid yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bitung selama 14 hari yang di mulai tanggal 16 Februari sampai dengan 04 Maret 2023.

Pelatihan Metode GASING ini sendiri terbagi dua tahap. Tahap pertama di laksanakan pada 01 sampai 16 Desember 2022 diikuti 120 orang peserta. Terdiri dari 30 orang guru dan 90 orang siswa, yang di laksanakan di Sport Hall dan Convention,  Kelurahan Manembo-nembo, Kecamatan Matuari.

Metode GASING sendiri adalah metode pembelajaran Matematika yang di gagas Prof Yohanes Surya PHD sebagai pendiri Yayasan Teknologi Indonesia Jaya.

Menurut Prof Yohanes Surya memberikan apresiasi kepada Kota Bitung. Bahkan dia sangat memuji atas antusias dan keseriusan Kota Bitung dalam kegiatan pelatihaan Metode GASING ini

“Ini bukan hanya Rekor Indonesia tapi Rekor Dunia,” ucap Prof. Yohanes.

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri sendiri usai menerima piagam Rekor MURI itu menyampaikan, memang sudah seharusnya pihaknya harus membranding kemampuan anak-anak yang memiliki kapasitas kompetensi yang luar biasa di Bidang Matematika.

“Sehingga transformasi, numerasi, dan literasi dalam bidang digital akan lebih dimudakan bagi kita. Kita juga akan mengadakan lomba-lomba dengan hadiah yang sangat menarik. Supaya pembelajaran Metode GASING tidak berhenti begitu saja dan bisa terus berkelanjutan,” ujar Maurits.

Maurits mengatakan, pemerintah Kota Bitung telah menyusun perancangan pembangunan gedung pusat pelatihan di atas lahan lima hektar yang telah disiapkan.

“Pelaksanaannya mulai tahun 2023 ini,” beber Maurits.

Lanjut Maurits, selain itu ada juga empat orang guru Kota Bitung yang dipercayakan menjadi Trainer oleh Prof. Yohanes Surya yang telah keluar daerah untuk mengimplementasikan kegiatan ini.

“Juga ada seorang guru yang menjadi trainer gelombang pertama sementara mendapingi siswa pelatihan Matematika pada Olimpiade Matematika tingkat Asia yang akan di laksanakan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Nvember nanti,” terangnya.

Tak hanya itu sambung Maurits, kedepan pemerintah Kota Bitung akan melaksanakan pelatihan serupa dengan melibatkan juga siswa SMA para ASN dan THL, serta masyarakat Kota Bitung.

“Kedepan pesertanya akan lebih banyak. Dan kita berharap kegiatan ini bisa meningkatkan khususnya SDM di Kota Bitung,” pungkasnya.

(ADVETORIAL)