Connect with us

Bolmong

Dipimpin Pj Bupati, Pemkab Bolmong Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Kota Manado

Published

on

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir dan tanah longsor di Kota Manado. Penyerahan dipimpin langsung Penjabat (Pj) Bupati, Limi Mokodompit, Rabu 01 Februari 2023.

Selain menyerahkan bantuan, Pj Bupati yang didampingi, Wakil Wali Kota Manado, Richard Sualang juga turun langsung dan melihat kondisi rumah warga di beberapa titik yang terdampak banjir dan tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu di Manado.

Bantuan yang diserahkan berupa bahan kebutuhan pokok dan makanan siap saji. Di sela-sela peninjauan usai menyerahkan bantuan di lokasi banjir, Pj Bupati Limi mengaku bangga dengan kekompakan masyarkat yang terdampak banjir.

Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit didampingi Wakil Wali Kota Manado, Richard Sualang saat meninjau langsung sejumlah titik banjir dan tanah longsor di Kota Manado. (Foto: Istimewa)

“Saya bangga dengan masyarakat Manado, saat terjadi bencana, mereka bersatu dan bergotong royong membersihkan sisa-sisa banjir. Kita dapat menyelesaikan masalah kalau kita bersama dan bersatu,” ucap Bupati Limi.

Baca Pula:  Gandeng BPKP Perwakilan Sulut, Pemkab Bolmong Gelar Bimtek Manejemen Risiko

Limi meyakini, Pemerintah Provinsi Sulut maupun Pemkot Manado terus bergerak untuk mengatasi persoalan banjir yang seperti saat ini. Sebelumnya, Pemkab Bolmong telah mengirim bantuan yang sudah berjalan lima hari sejak 28 Januari sampai 01 Februari 2023 untuk membantu korban banjir di Kota Manado.

Fakta menarik dan bermanfaat

Selain bantuan bahan pokok, Pemkab Bolmong juga mengirimkan bantuan kemanusiaan dalam hal ini Satgas kemanusiaan Pemkab Bolmong yang terdiri dari empat OPD, masing-masing BPBD, Dinsos, Dinkes, dan Satpol PP.

Sementara, Tim TAGANA membantu dapur umum selama dua hari pada posko kemanusiaan Kantor Kecamatan Tuminting. Di sisi lain, Tim Satgas Kemanusiaan Pemkab Bolmong melaksanakan pembersihan rumah warga yang terdampak bersama TNI, POLRI, BPBD (TRC), Satpol PP, Tagana dan seluruh masyarakat Link V Kelurahan Molas Kecamatan Bunaken selama empat hari.

Baca Pula:  Hadiri Peringatan HUT ke-18 Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Sulut, Limi Dipercayakan Menjadi Irup

Tak hanya itu, Tim Dinkes melaksanakan pelayanan kesehatan di Posko Kemanusiaan Pemkab Bolmong serta melaksanakan pengobatan langsung (door to door). Terdata, kurang lebih pasien yang dilayani ada 108 orang.

Penyerahan logistik kepada masyarakat yang terdampak baik yang berada di Link V Kelurahan Molas Kecamatan Bunaken, maupun yang berada di kelurahan Bailang Kecamatan Bunaken dan Komo luar Linkungan III Kecamatan Wenang.

Berikut Bantuan Kemanusiaan Pemkab Bolmong untuk Bencana Manado:

Beras : 3.600 Kg (60 Karung)

Mie Instan : 184 Dos

Air mineral botol : 52 Dos

Air mineral gelas : 122 Dos

Gula Pasir : 29 Kg

Tikar : 75 Buah

Susu : 170 Sachet

Popok Bayi : 192 Pcs

Pakaian : 3 Karung

Selimut : 13 Buah

Sarung : 20 Buah

Paket Tas dan Seragam SD Perempuan : 7 Paket

Paket Tas dan Seragam SD Laki-laki : 15 Paket

Biskuit : 1 Dos (28 bungkus)

Teh : 10 DOS

Kopi : 10 Bks

Deterjen : 10 Sachet

Sabun Mandi : 30 buah

Pop Mie : 1 Dos (24 cup)

Telur Ayam : 100 Bak

Matras : 50 Buah

|Sumber BPBD Bolmong.