Wajib Tahu, Diabetes Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal

  • Share
Ilustrasi ginjal dari unsplash.com

PANTAU24.COM-Diabetes menjadi salah satu penyakit paling banyak diidap masyarakat dunia. Di India, peningkatan jumlah penderita diabetes sebanyak 51 juta atau 58 persen pada 2010, diperkirakan naik menjadi 87 juta jiwa pada tahun 2030.

Masalahnya, diabetes tidak hanya memengaruhi kadar gula dalam darah tapi juga berisiko menyebabkan kerusakan ginjal. Menurut Konsultan dan Departemen Nefrologi, Dr. Amjad Khan Pathan, ginjal merupakan organ penting untuk menjaga homeostasis dalam tubuh.

Saat gula tidak terkontrol, hal itu dapat memberi tekanan ekstra pada ginjal.

Apa Saja Tanda Kerusakan Ginjal Pada Pasien Diabetes?

Dilansir dari HealthShots, kerusakan ginjal dengan diabetes dimulai dengan kebocoran protein pada urin. Pasien akan menyadari perubahan yang terdapat dari buih air urinnya.

Pencegahan

Kunci untuk mencegah kerusakan ginjal adalah dengan melakukan diagnosis dini. Setelah terdiagnosis diabetes, mintalah dokter untuk rutin memeriksakan fungsi ginjal, mulai dari tes urin atau tes darah.

Fakta menarik dan bermanfaat

Pemeriksaan ini dapat membantu mencegah dari kerusakan ginjal, sehingga dokter akan memberikan resep perawatan yang tepat.

Tentu harus disadari bahwa diabetes bukanlah penyakit yang hanya bisa diobati dengan obat-obatan. Manajemen diabetes dibutuhkan lewat pendekatan holistik serta perubahan gaya hidup.

“Setelah Anda terdeteksi menderita diabetes, kita harus bekerja pada ketiga prinsip manajemen diabetes, yakni olahraga, diet, dan pengobatan tepat waktu,” ungkap Dr. Amjad Khan.

Dengan olahraga secara teratur, ini akan membantu mengendalikan diabetes, mengontrol gula, serta menjaga berat badan yang ideal.

Selain itu, perlu juga lakukan diet sehat dengan mengonsumsi sedikit gula, garam, dan makanan yang tinggi karbohidrat.

“Mengkonsumsi obat dan insulin yang tepat waktu akan membantu Anda mencapai target kadar gula darah Anda. Setiap tiga bulan, periksa HBA1C yang akan memberi kadar gula darah rata-rata dalam tiga bulan terakhir,” saran Dr. Amjad.(*)

  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com