293 Sekolah di Bolmong Gelar ANBK

  • Share
Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk siswa mulai digelar di Kabupaten Bolmong.

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pelaksanaan Asessmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk siswa mulai digelar di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Senin, 4 Oktober 2021. Tercatat, sebanyak 293 sekolah tingkat SD dan SMP mengikuti pelaksanaan ANBK ini.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kabupaten Bolmong, Abdulrivai Mokoagow, pelaksanaan ANBK tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Setiap siswa maupun pengawas diwajibkan memakai masker dan cuci tangan sebelum memasuki ruang asesmen,” katanya.

Lanjut Abdulrivai, pelaksanaan ANBK jenjang SMP terbagi dalam 2 gelombang.

“Gelombang pertama dimulai tanggal 4 Oktober dan gelombang ke dua pada tanggal 6 Oktober 2021. Sementara, untuk jadwal jenjang SD pada minggu kedua bulan oktober,” jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Pembelajaran Tatap Muka di Bolmong Masih Digelar Terbatas

“Tadi, sebanyak 37 sekolah jenjang SMP sudah melaksanakan ANBK gelombang pertama. Dan sisanya sebanyak 32 sekolah pelaksanaannya nanti gelombang kedua,” jelasnya lagi.

Menurut Rivai, kendati keterbatasan peralatan komputer di sejumlah sekolah SD dan SMP, akan tetapi Dinas Pendidikan tetap menggelar seratus persen ANBK ini.

“Sekolah yang tidak belum lengkap peralatan komputernya akan menumpangi sekolah lain yang memiliki fasilitas komputer lebih memadai,” ungkapnya.

Terpisah, Renti Mokoginta, Kepala Dinas Pendidikan Bolmong mengharapkan, pelaksanaan ANBK berjalan lancar.

Baca Pula:  Siswa Kelas Ujian di Bolmong Simulasikan Belajar Tatap Muka

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“ANBK bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah sekolah dan madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa,” pungkasnya.

Sekadar diketahui ANBK baru pertama kali dilaksanakan di tahun 2021. Untuk responden murid akan dipilih secara acak dengan jumlah maksimal 30 orang murid SD/MI, 45 murid SMP/MTs.

Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah, ANBK dikerjakan dai kelas 5 SD dan kelas 8 untuk SMP.(*)



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com