Vaksinasi Moderna di Kotamobagu, hanya Bisa Digelar di Kantor Dinkes

  • Share
moderna
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

KOTAMOBAGU, PANTAU24.COM – Program percepatan vaksinasi massal terus dilakukan di Kotamobagu. Hal ini terlihat lewat beberapa titik lokasi vaksinasi yang digelar secara bersamaan oleh Dinkes Kotamobagu. Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga dilakukan di kantor Dinkes sendiri.

“Kami melayani vaksinasi Covid-19 di kantor Dinkes Kotamobagu sejak Senin hingga Jumat. Jenis vaksin yang digunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, kami juga melayani vaksin jenis Moderna,” kata staf pengelola surveillance Covid-19 Dinas Kesehatan Kotamobagu, Desak Putu Indrawati, saat dikonfirmasi Kilastotabuan.com, usai melakukan vaksinasi Covid-19 di Kantor Dinkes Kotamobagu, Selasa (21/9/2021).

Vaksin Moderna hanya bisa dilayani di Dinkes Kotamobagu, sebab jenis vaksin ini memiliki proses penyimpanan hingga cara penyuntikannya yang berbeda dengan jenis vaksin lain. Vaksin Moderna juga tidak bisa dibawa ke mana-mana, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Vaksin Moderna saat ini diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) yang sudah melakukan vaksin Covid-19 jenis Sinovac tahap satu dan dua. Vaksin Moderna bisa digunakan bagi masyarakat yang belum pernah divaksin,” katanya.

Untuk jadwal hari ini, lanjutnya, vaksin Moderna yang tersalurkan di Kantor Dinkes Kotamobagu mencapai 42 dosis, Sinovac 32 dosis, sedang untuk AstraZeneca tidak ada yang tersalurkan hari ini, karena tidak mencukupi 10 orang. “Maka kami tidak bisa melakukan vakainasi Covid-19 dengan jenis ini,” kata Desak.

Fakta menarik dan bermanfaat

Tercatat, sejak kemarin dan hari ini Dinkes Kotamobagu telah melayani vaksinasi bagi ibu hamil. “Kemarin ada satu ibu hamil (bumil) yang sudah divaksin Covid-19 jenis Moderna, hari ini juga terdapat satu orang bumil,” katanya.

Selama pelayanan vaksin Moderna, pihaknya tidak pernah mendapatkan laporan terkait gejala berat yang dialami oleh masyarakat setelah melakukan vaksinasi. “Yang ada hanya efek demam, serta tangan yang divaksin merasa pegal, gejala itu sama seperti dengan gejala pada jenis vaksin yang lain,” katanya.

Sebagai Nakes, Desak juga melakukan ajakan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Kotamobagu melalui media sosial.

“Setiap harinya, saya mem-posting pesan di media sosial, baik WhatsApp, Facebook, dan Instagram, untuk mengajak masyarakat datang melakukan vaksinasi di setiap wilayah sesuai jadwal yang ada,” katanya.



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com