Ribuan Ton Sampah Medis Bolmut Dimusnahkan Sejak Pandemi

  • Share
sampah medis
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

BOLMUT, PANTAU24.COM – Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Zulkifli Masuara mengatakan, sudah ribuan ton sampah medis dimusnahkan. Pemusnahan dengan alat incinerator ini telah berdasarkan dengan Peraturan Menteri Kesehatan tentang standar pelayanan kefarmasian.

“Sampah medis seperti obat kadaluarsa,Alat Pelindung Diri (APD), masker medis, sarung tangan, dan jarum suntik dalam pelaksanaan vaksinasi selama pandemi COVID-19 harus dilakukan pemusnahan dengan menggunakan alat incinerator, atas dasar itu maka kita lakukan kegiatan ini di RSUD Bolmut,”jelas Masuara, Selasa (14/09/2021).

Mantan Kepala Puskesmas Buko itu juga menjelaskan, pemusnahan ini dilakukan oleh Pemda untuk mencegah adanya penumpukan sampah medis diseluruh Puskesmas dan RSUD.

“Sampah medis ini sangat beresiko terhadap kesehatan dan juga lingkungan makanya pemusnahan harus dengan menggunakan alat khusus seperti incinerator. Dan ribuan ton sampah medis ini berasal dari Puskesmas yang tersebar di 6 Kecamatan,“ungkap Masuara.

Pantauan dutademokrasi, hadir dalam pemusnahan medis tersebut dihadiri oleh Kasat Reskrim IPTU Michael S. Marwan dan KBO Intel IPDA Douglas Tatontos serta perwakilan sejumlah Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), yakni Dinas Lingkungan Hidup, Inspektorat serta Bidang Aset Badan Pengelola Keungan dan Aset Daerah (BPKAD).

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com