Corona Varian Delta Terkonfirmasi Masuk Sulut, Ditemukan 8 Spesimen

  • Share
Ilustrasi

PANTAU24.COM-Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) secara resmi mengumumkan masuknya virus corona varian Delta di Sulut.

Melaluai siaran pers, Satgas Penanganan Covid-19 Sulut menyebutkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan lanjut terhadap spesimen Covid-19 yang dikirim oleh BTKL-PP Manado ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI yang diterima
tanggal 3 Juli 2021, menunjukkan hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) terhadap 8 spesimen adalah Positif SARS-CoV-2 Varians of Concern Delta (B.1.617.2).

“Kedelapan spesimen tersebut berasal dari Kabupaten Minahasa Utara sebanyak 2 spesimen, Kota Bitung sebanyak 4 spesimen, Kabupaten Minahasa sebanyak 1 spesimen, dan 1 spesimen yang masih diverifikasi alamatnya,” tulis Satgas dalam siaran pers, Minggu, 8 Agustus 2021.

Sampel (spesimen) tersebut adalah kasus terkonfirmasi Covid-19 yang dirilis pada minggu terakhir bulan Juni 2021. Dimana ketika memasuki bulan Juli 2021, kasus Covid-19 meningkat secara cepat dan signifikan.

Baca Pula:  Per 1 April: Covid-19 Indonesia Bertambah 149 Kasus, Total 1677 Kasus

Di waktu yang sama, di awal Juli tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara juga telah memberi peringatan terhadap adanya indikasi transmisi varian Delta di Provinsi Sulawesi Utara.

Fakta menarik dan bermanfaat

Oleh karena itu, dengan terbuktinya transmisi varian Delta berdasarkan hasil WGS tersebut, pemerintah melalui satgas kembali mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar benar-benar lebih ketat untuk mentaati protokol kesehatan (6M). Yakni mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas.

“Kondisi ini memberi gambaran terhadap tingkat transmisi Covid-19 yang tidak terkontrol di komunitas serta kapasitas respon yang belum memadai,” tulis Satgas dalam siaran pers.

Baca Pula:  Sertijab Perwira Polres Kotamobagu Terapkan Protokol Kesehatan

Di sisi lain, pada Minggu, 8 Agustus 2021 satgas juga mengumumkan penambahan kasus baru Covid-19 di Sulut sebanyak 519 kasus.

Sementara untuk kasus sembuh juga dilaporkan bertambah 390, sehingga total kasus sembuh mencapai 20.728 orang.

Rilis data dari Satgas Covid-19 Sulut juga melaporkan bahwa kasus kematian karena virus Corona hari ini ada sebanyak 13 orang.

Total yang meninggal dalam status positif Covid-19 di Sulut kini sudah mencapai 781 orang.

Sedangkank per 9 Agustus, kasus aktif baik yang sedang dirawat di fasilitas kesehatan maupun yang melakukan isolasi mandiri berjumlah 6.067 orang.



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com