Nakes Segera Divaksin Dosis Ke-3, Pakai Vaksin Moderna

  • Share
Ilustrasi vaksinasi bagi tenaga kesehatan (nakes). (Foto: pantau24.com/marshal)

PANTAU24.COM-Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksin Covid-19 Moderna akan digunakan untuk vaksinasi Covid-19 dosis ketiga. Budi mengatakan, hal tersebut berdasarkan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

“Sudah disetujui vaksinasi (Covid-19) ketiga akan diberikan menggunakan vaksin Moderna sehingga dengan demikian bisa memberikan kekebalan maksimal terhadap variasi-variasi mutasi virus yang ada,” kata Budi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat, 9 Juli 2021.

Budi mengatakan, penyuntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga ini hanya diberikan kepada tenaga kesehatan. Mengingat nakes merupakan kelompok yang paling berisiko tertular virus corona.

Baca Pula:  Wajib Tahu, Setelah Disuntik Vaksin Corona Jangan Langsung Pulang

“Karena nakes kita itu yang setiap hari bertemu (pasien) dengan virus yang tinggi kadarnya dan mereka harus kita lindungi mati-matian agar bisa konsentrasi bekerja,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, dosis vaksin Moderna kemungkinan akan tiba di Tanah Air pada akhir pekan ini secara bertahap.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Vaksin Moderna ini rencananya datang hari minggu dan minggu depan sudah bisa mulai nanti pelaksanaannya,” pungkasnya.

Moderna Bantuan Amerika Serikat

Terinfromasi, Indonesia menerima bantuan empat juta dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat. Sumbangan vaksin itu disampaikan Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi, sebagaimana pernyataan tertulis Gedung Putih, dilansir Kompas Global. Sullivan menyatakan bahwa AS mendukung Indonesia untuk bersama-sama melawan lonjakan kasus Covid-19.

Baca Pula:  Rentan Tertular Virus Corona, Ibu Hamil di Sulut Mulai Divaksin

“AS akan menyumbangkan empat juta dosis vaksin Moderna pada Indonesia dan akan dikirimkan sesegera mungkin melalui Covax,” kata Sullivan.

Menlu Retno membenarkan rencana AS menyumbang empat juta vaksin Moderna kepada Indonesia dalam akun Twitter-nya.

“Kami gembira dengan pembicaraan telepon yang baik dengan Penasehat Keamanan nasional AS Jack Sullivan (2/7/2021). Sangat menghargai keputusan pemerintah Amerika yang akan menambah satu juta dosis vaksin bagi Indonesia,” tulis Retno.(*)



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com