Kasus Harian Covid-19 Melonjak, Gubernur Sulut Berlakukan PPKM Mikro di 10 Daerah

  • Share
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey. (Foto: Istimewa)

PANTAU24.COM-Peningkatan kasus Covid-19 di Sulawesi Utara dalam beberapa hari terakhir kembali di atas 100 kasus. Lonjakan yang cukup signifikan ini memberi sinyal kewaspadaan bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kondisi ini membuat Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengambil langkah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di beberapa daerah di Sulut.

Melalui Surat Edaran Nomor 440/21.4150/Sekr-Dinkes tentang Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 di Sulut ditetapkan 10 kabupaten dan kota yang harus menjalankan PPKM skala mikro

Kesepuluh daerah tersebut yakni Kota Manado, Tomohon, Bitung, Kotamobagu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Minahasa Tenggara, Minahasa, Bolmong Timur, Minahasa Utara dan Minahasa Selatan.

Baca Pula:  14 Februari, Bolmong Ketambahan 7 Kasus Positif Corona

“Menetapkan level kewaspadaan dan mengatur pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro di wilayah Kecamatan, Desa atau Kelurahan, sesuai dengan kaidah epidemiologi dan tingkat risiko penularan Covid-19,” bunyi surat edaran yang ditandatangani Gubernur tersebut.

Fakta menarik dan bermanfaat

Beberapa hal yang diatur alam surat edaran tersebut, antara lain pelaksanaan kegiatan belajar mengajar baik di sekolah, perguruan tinggi, akademi dan tempat pendidikan dan pelatihan lainnya di daerah tersebut, juga dilarang digelar secara tatap muka langsung.

Sementara itu, jam operasional pusat perbelanjaan termasuk mall maupun rumah makan akan dibatasi, dan hanya bisa dibuka hingga pukul 20.00 WITA setiap harinya, dengan pengunjung hanya diperbolehkan sebanyak 25 persen dari total kapasitas pusat perbelanjaan tersebut.

Baca Pula:  Update Covid-19 Sulut 13 September: Manado 13 kasus baru, Tomohon 4, Bitung 7, Minahasa 2

“PPKM skala mikro ini sendiri efektif berlaku sejak, Senin, 5 Juli 2021 dan akan berlangsung hingga Minggu, 18 Juli 2021. Tentu dengan memperhatikan perkembangan epidemiologi Covid-19,” kata Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, sembari berharap, kesadaran masyarakat untuk lebih meningkatkan lagi kewaspadaan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.(*)



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com