Ingin Mendongkrak Mobil, Perhatikan Cara ini

  • Share
Dongkrak Mobil. (Foto: Peugeot)

PANTAU24.COM-Setiap pengendara roda empat tentu pernah mengalami kerusakan atau kebocoran ban yang harus menggunakan dongkrak untuk mengangkat mobil. Biasanya dongkrak sudah disediakan oleh pabrikan mobil sebagai peralatan tambahan. Dongkrak yang tersedia di mobil merupakan dongkrak portabel yang berukuran lebih kecil sehingga dapat dibawa kemana saja.

Pada saat melakukan dongkrak mobil, usahakan memilih tumpuan yang tepat agar tidak terjadi kerusakan pada mobil akibat dongkrak yang meleset. Peletakkan titik dongkrak mobil biasanya ada empat, yakni dua titik pertama terletak pada bagian sasis di belakang roda depan. Sementara dua titik dongkrak lainnya terletak pada sasis di depan roda belakang

Titik-titik yang sudah ditentukan adalah titik yang kuat dalam mendongkrak mobil. Biasanya ada gambar keterangan pada dongkrak dan buku pedoman pemilik.

Jika titik dongkrak tidak pada posisi yang pas maka akan mengakibatkan sasis bodi dan bodi mengalami kerusakan. Hal ini tentu saja membuat pengemudi mengalami kerugian, karena perbaikan bodi dan sasis mobil juga tidak murah.

Pemasangan titik dongkrak yang tidak pas juga akan membuat mobil kehilangan keseimbangan dan bisa saja mobil terjatuh. Jika ada orang yang berada di bawah saat memasang dongkrak, hal ini tentu saja akan membahayakan.

Fakta menarik dan bermanfaat

Perhatikan juga dalam saat mendongkrak mobil, usahakan di tempat yang keras dan datar. Ban juga diganjal untuk bantu rem tangan agar mobil tidak bergerak.

Dengan tumpuan yang datar dan kuat otomatis dongkrak juga tidak akan meleset karena tidak seimbang. Selain itu ada juga tindakan preventif lainnya untuk mencegah bahaya ketika dongkrak meleset.

Caranya yakni dengan menempatkan ban serep di bawah mobil, sehingga jika dongkrak gagal, bodi akan tertahan oleh ban serep, sehingga tidak jatuh ke tanah atau aspal yang membuat kerusakan komponen mobil.(*)

|Sumber: Kompas.com



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com