Sesuai Jadwal, Kelulusan SMP dan SD Diumumkan Juni

  • Share
Kabid Dikdas, Abdul Rivai Mokoagow.

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pengumuman kelulusan bagi siswa di satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan dilaksanakan pada Juni mendatang. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Abdul Rivai Mokoagow.

“Sesuai jadwal, pengumuman kelulusan siswa SD dan SMP itu di bulan Juni,” kata Rivai.

Terkait dengan kelulusan, Rivai menyebut para siswa akan ditentukan melalui rapat yang diselenggarakan oleh masing-masing sekolah.
Proses kelulusan tidak lagi ditentukan oleh Ujian Nasional (UN), melainkan akumulasi dari keaktifan siswa yang tercatat dalam portofolio.

“Pelaksanaan kelulusan tanpa ujian nasional sudah kita laksanakan dari tahun lalu. Tahun ini, hal yang sama akan dilakukan. Kelulusan para siswa ditentukan dari hasil rapat yang dilaksanakan masing-masing sekolah. Para guru melihat portofolio dari setiap siswa untuk menentukan kelulusan,” ungkap Rivai.

Ia menambahkan, para guru nantinya akan menilai keaktifan para siswa semasa pembelajaran melalui Luar Jaringan (Luring) mau pun Dalam Jaringan (Daring). Selain itu, pihak sekolah juga bisa melaksanakan ujian sekolah untuk menambah indikator penilaian.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Beberapa acuan untuk menetapkan kelulusan siswa bisa dilihat juga dari keaktifan menyelesaikan tugas, ujian sekolah, ujian praktek dan berbagai indikator lainnya,” tambah Rivai.

Di sisi lain, dirinya menyebut tingkat kelulusan siswa ini bisa dijamin akan tinggi. Kecuali, ada siswa yang memang tidak mengikuti seluruh pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar.

“Setiap siswa yang mengikuti kegiatan belajar dan mengajar lewat Luring itu sudah menjadi penilaian. Kalau pun jarang ikut Luring, jarang membuat tugas, itu tidak mempengaruhi kelulusan. Hanya akan berpengaruh pada nilai masing-masing siswa,” tutur Rivai.(*)



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com