Sejarah Desa Mengkang

  • Share
Tugu batas Desa Mengkang dari arah Desa Mopusi
Tugu batas Desa Mengkang dari arah Desa Mopusi

NAMA Desa Mengkang pertama kalinya diberikan oleh sekelompok/beberapa orang yang datang membuka lahan perkebunan pada tahun 1955.

Dalam proses pembukaan lahan pertama (MOMONTANG : dalam Bahasa Mongondow) pada waktu itu dipimpin atau dikepalai oleh seorang tokoh masyarakat yang berasal dari Desa Kopandakan yang bernama Pondadat Kadengkang.

Adapun nama Desa Mengkang sendiri diambil dari nama anak sungai yang mengalir dan melintasi perkebunan pada waktu itu, yang saat ini sudah menjadi desa, nama anak sungai itu ialah Sungai Mengkang.

Sejalan dengan waktu yang terus berlalu dan tahun berganti tahun wilayah perkebunan Mengkang pada waktu itu mulai meluas bukan hanya di sekitar Sungai Mengkang. Perkembangandan perluasan perkebunan Mengkang mulai  meluas dengan adanya bebarapa perkebunan yaitu, seperti:

  1. Perkebunan Molobayan;
  2. Perkebunan Dau;
  3. Perkebunan Dolipoga;
  4. Perkebunan Yoyataban;
  5. Perkebunan Omomali;
  6. Perkebunan Ogikit;
    serta beberapa perkebunan lainnya yang berada diwilayah Kepolisian Perkebunan Mengkang pada waktu itu.
Baca Pula:  Desa Kopandakan II Memiliki Sumber Mata Air Panas

Dalam sejarah perkembangan Perkebunan Mengkang diangkat seorang kepala Perkebunan.

Fakta menarik dan bermanfaat

Adapun orang – orang yang pernah menjadi Kepala Perkebunan pada waktu itu adalah:

  1. Pondadat Kadengkang
  2. Onggeleng Tungkagi
  3. Mohama Tungkagi
  4. Ahadin Kobandaha
  5. Sumarto Dondo

Pada tahun 2005 dibentuk Panitia Pembentukan Desa Persiapan Mengkang yang diketuai oleh tokoh masyarakat bernama Marsidi Kadengkang, yang merupakan keturunan (Anak) dari Pondadat Kadengkang yang tidak lain adalah merupakan tokoh perintis wilayah Perkebunan Mengkang.

Baca Pula:  Kejadian Penting yang Pernah Terjadi di Desa Mengkang

Pada tanggal 23 Januari 2006 berdasarkan SK Bupati Bolaang Mongondow, Perkebunan Mengkang diresmikan menjadi Desa Persiapan Mengkang dan Pejabat sangadi pertama adalah Marsidi Kadengkang.

Saat ini Desa Mengkang memiliki dua Dusun yaitu Dusun I dan Dusun II.

Pemerintahan pertama di Desa Mengkang dipimpin oleh Marsidi Kadengkang yang dilantik pada tanggal 23 Januari 2006. Pada tanggal 16 Maret 2007 Desa Persiapan Mengkang kemudian diresmikan menjadi Desa Definitif berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bolaang Mongondow Nomor 59 Tahun 2007 dan dipimpin oleh Sangadi Marsidi Kadengkang yang menjabat hingga tahun 2018.

Sumber: Pemerintah Desa Mengkang



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com