Sudah 380 SDMK di Bolsel yang Disuntik Vaksin Corona

Kepala Dinkes Bolsel, Sadly Mokodongan
Kepala Dinkes Bolsel, Sadly Mokodongan

BOLSEL, PANTAU24.COM-Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang disuntik vaksin Covid-19 tahap I mencapai 380 orang.

SDMK meliputi tenaga kesehatan, non tenaga kesehatan dan tenaga penunjang lainnya yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolsel, Sadli Mokodongan, dari total 751 SDMK yang tercatat sebagai penerima vaksin Covid-19 di Kabupaten Bolsel, secara real ada 632 SDMK yang wajib menerima vaksin Sinovac.

Sadli menjelaskan, dari 632 SDMK yang secara real wajib menerima Vaksin Covid-19, ada sejumlah nakes tidak bisa disuntik vaksin buatan Cina tersebut.

Baca Pula:  Penanganan Sampah Medis Puskesmas di Bolmong Tunggu Refocusing Anggaran

Hal itu disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya, sejumlah nakes sudah pernah terpapar Covid-19 (penyintas). Selain itu ada beberapa nakes juga yang memiliki penyakit bawaan (komorbid) setelah melalui proses screening pada saat launching pelaksanaan vaksinasi, 1 Februari 2021 lalu.

Fakta menarik dan bermanfaat

Sehingga itu kata Sadli, sampai dengan saat ini, jummlah SDMK yang telah berhasil disuntik vaksin Covid-19 sebanyak 380 orang.

“Baik nakes maupun non nakes,” ucap Sadli saat ditemui di kantornya, Kamis 11 Februari 2021.

Kendati tak merinci jumlah SDMK yang belum disuntik vaksin pada tahap pertama ini, namun Sadli memastikan pemberian dosis vaksin kepada SDMK ditargetkan rampung pekan ini.

Baca Pula:  Yang Meninggal Akibat Covid-19 di Sulut Capai 200 Jiwa

“Penyuntikan vaksin Covid-19 tahap pertama kita targetkan tuntas minggu ini,” ujar Sadli.

Vaksinasi tahap pertama ini kata Sadli dilakukan di 9 lokasi pelaksanaan vaksinasi yaitu 8 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan 1 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Lokasi pelaksanaan vaksinasi tahap dua juga masih tetap sama, digelar di 9 lokasi tersebut,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Bolsel memperoleh kuota vaksin sinovac sebanyak 1500 dosis.

Penulis: Rinto Binolombangan

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com