DPRD Bolsel akan Kawal Aspirasi Masyarakat yang Diusulkan dalam Musrenbang

  • Share

BOLSEL, PANTAU24.COM-Ketua dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) akan mengawal aspirasi masyarakat yang diusulkan dalam musyawara perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Bolsel, Arifin Olii saat pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Posigadan, Rabu 3 Februari 2021.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Posigadan

Arifin mengatakan, pengawalan aspirasi ini merupakan komitmen Anggota DPRD untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan menyukseskan program pemerintah.

Menurut dia, aspirasi yang akan dikawal itu adalah kebutuhan masyatakat yang paling prioritas.

“Selain itu untuk memastikan program tepat sasaran dan tepat guna,” ucap Arifin.

Fakta menarik dan bermanfaat

Oleh sebab itu, lanjut Arifin, Semua Aleg (anggota legislatif) memiliki kewajiban untuk hadir dalam setiap pelaksanaan musrenbang kecamatan  di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Posigadan

“Agar apa yang diusulkan dalam musrenbang tersebut dapat diketahui dan dipahami serta menjadi catatan teman-teman anggota DPRD,” kata Arifin.

Baca Pula:  Wabup Bolsel Minta Sekda Laksanakan Semua Rekomendasi DPRD

Ia menjelaskan, kehadiran wakil rakyat dalam pelaksanaan musrenbang juga merupakan wujud pengabdian DPRD dalam mengawal pembangunan daerah agar lebih maju lagi.

Politisi PDIP ini menyampaikan bahwa tujuan musrenbang ini agar semua program prioritas di tahun yang akan datang benar-benar tepat sasaran dan tepat guna.

“Itulah mengapa semua aleg di masing-masing dapil turut hadir dalam pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan,” ujarnya.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Posigadan

Serupa juga disampaikan Zulkarnain Kamaru. Ketua Komisi II DPRD Bolsel ini mengatakan, dengan hadirnya Anggota DPRD dalam  Musrenbang lebih memudahkan pihaknya mendengar keluhan dan kebutuhan masyarakat.

Baca Pula:  Gelar Rapat Paripurna, DPRD Bolsel Umumkan Calon Bupati dan Wabup Terpilih Pilkada 2020

“Dengan hadir langsung, kita bisa mengetahui apa yang menjadi harapan dan kebutuhan masyarakat,” kata dia.

Ketua NU Bolsel ini berharap aspirasi rakyat yang diserap melalui musrenbang tingkat kecamatam hingga ke tingkat kabupaten bisa  dipilih dan dipilah mana yang paling prioritas.

“Apa yang dijadikan skala prioritas nantinya akan bermuara pada kesejahteraan rakyat dan peningkatan pembangunan daerah,” ujar Zulkarnain.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Posigadan

Lebih jauh Zulkarnain menyampaikan pelaksanaan musrembang membutuhkan sinergitas antar pemerintah, mulai dari pemerintah tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

“Sinergi ini harus terjalin baik.Demikian juga sinergitas antara eksekutif dan legislatif,” pungkasnya.

Musrenbang ini turut dihadiri Bupati Iskandar Kamaru, Wakil Bupati Dedy Abdul Hamid, unsur pimpinan DPRD bersama Anggota, sangadi se kecematan Posigadan serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bolsel.(Advertorial)

Penulis: Rinto Binolombangan



  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com