Musim Hujan, Lakukan 5 Kiat ini Agar Tubuh Tetap Antif dan Sehat

PANTAU24.COM-Saat ini, hampir setiap hari hujan turun di sebagian besar wilayah Indonesia. Cuaca seperti ini umumnya membuat sebagian besar orang mengurangi aktivitasnya akibat kondisi udara yang dingin atau terkendala hujan besar.

Kondisi ini tentu berpotensi tidak baik pada kesehatan tubuh Anda, terutama jika Anda mengurangi atau bahkan berhenti melakukan olahraga. Selain itu, seringnya hujan juga berpotensi mendatangkan penyakit musim hujan seperti flu dan pilek jika Anda tidak menjaga tubuh dengan baik.

Jika Anda ingin tubuh tetap sehat dan aktif saat musim hujan, maka Anda dapat melakukan beberapa hal yang bisa membuat diri Anda terjaga dengan baik di musim ini. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dirangkum khusus untuk menjaga tubuh Anda saat musim hujan.

1. Selalu Bawa Payung

Payung merupakan peralatan yang wajib Anda bawa saat musim hujan, sekalipun Anda bepergian dengan mobil. Anda tidak akan tahu bila sewaktu-waktu butuh bepergian atau melewati area yang tidak beratap saat sedang turun hujan. Bawalah payung lipat agar lebih praktis, atau gunakan jaket dengan tudung (hoodie) bila Anda ingin memakai jaket sehari-hari.

Fakta menarik dan bermanfaat

2. Konsumsi Makanan Bersih dan Sehat

Anda perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat musim hujan, terutama bila Anda gemar makan di tempat yang diragukan kebersihannya. Makanan yang ‘kotor’ berpotensi membuat Anda terkena diare. Pastikan juga Anda menambah konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah untuk menjaga kebugaran tubuh.

3. Siapkan Baju Ganti

Sekalipun Anda membawa payung atau menggunakan jaket bertudung, tidak ada salahnya untuk membawa baju ganti untuk berjaga-jaga. Bila pakaian yang Anda kenakan basah kuyup akibat hujan, Anda akan mudah terserang penyakit flu atau pilek bila tidak cepat-cepat diganti dengan pakaian kering.

4. Rajin Membersihkan Tubuh

Bakteri dan virus mudah menyebar pada saat musim hujan, sehingga Anda perlu rajin membersihkan tubuh. Mandi sehari minimal dua kali sebaiknya selalu Anda biasakan setiap hari. Selain itu, pastikan agar Anda membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, terutama sebelum makan dan saat pulang beraktivitas.

5. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Baik musim kemarau maupun hujan, tubuh Anda tetap perlu terhidrasi. Minumlah sekitar enam hingga delapan gelas air hangat per hari, dan Anda dapat menambahkan parutan lemon untuk membantu menyehatkan tubuh. Kondisi tubuh yang terhidrasi dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.(*)

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com