Jangan Anggap Remeh, Ini Penyebab Bibir Berwana Gelap

PANTAU24.COM-Bibir merupakan salah satu bagian pada tubuh manusia yang dianggap menjadi penarik perhatian, terutama bagi lawan jenis.

Bahkan, bagi kebanyakan orang, khususnya kaum perempuan, menganggap bibir adalah mahkota.

Bibir yang merah merona tentunya akan membuat penampilan semakin menarik. Namun nyatanya berbagai faktor justru bisa membuat bibir tampak gelap.

Berikut beberapa penyebab warna bibir menjadi gelap:

1. Paparan sinar matahari
Salah satu penyebab bibir hitam yang paling umum adalah paparan sinar matahari. Nggak hanya bisa merusak kulit wajah, paparan sinar matahari juga berdampak buruk pada bibir. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan lip balm yang mengandung SPF agar bibir senantiasa terlindungi.

Fakta menarik dan bermanfaat

2. Kurang asupan cairan
Tubuh yang dehidrasi nggak hanya membuat kamu sulit berkonsentrasi, tapi juga akan membuat kulit tubuh, wajah, dan juga bibir menjadi kering. Saat bibir kering, biasanya kulit bibir akan menjadi pecah-pecah dan menyebabkan bibir tampak menggelap. Agar penyebab bibir hitam ini terhindari, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih minimal 8 gelas per hari.

Baca Pula:  Menebak Kepribadian Sesorang dengan Warna Favorit Hijau

3. Gaya hidup yang tidak sehat
Sudah bukan rahasia lagi, jika gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok menjadi salah satu penyebab bibir hitam. Panas dari rokok dapat melukai bibir. Saat bibir terluka, maka hiperpigmentasi akan muncul. Inilah yang menjadi penyebab bibir hitam. Untuk mengatasinya, yuk terapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang dan stop merokok ya

4. Jarang mengeksfoliasi bibir
Sel kulit mati yang menumpuk di kulit akan membuat wajah tampak kusam. Begitupun dengan sel kulit mati yang menumpuk di bibir. Ini tentunya akan menjadi penyebab bibir hitam. Tapi, tenang kamu bisa kok mendapatkan kembali bibir yang tampak segar, merah, dan lembut.

Caranya adalah dengan rutin mengeksfoliasi bibir. Selain menggunakan scrub bibir yang dijual di pasaran, kamu juga bisa lho menggunakan DIY scrub sendiri. Campurkan lemon, madu, dan gula pasir dan gosokkan pada bibir.

Baca Pula:  Ini Alasan Kecoa Masuk ke Dalam Rumah Saat Musim Hujan

5. Kandungan kosmetik yang tidak cocok
Memakai lipstik, lip tint, dan lip cream tentunya sudah menjadi kebiasaan yang nggak bisa lepas dari para perempuan. Namun siapa sangka hal ini bisa menjadi penyebab bibir hitam. Beberapa produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti asam ricinoleic, dipentaerythritol, dan bahan kimia lainnya dapat menyebabkan alergi pada bibir yang akhirnya menjadi penyebab bibir hitam.

6. Terlalu banyak mengonsumsi kafein
Meminum kafein seperti kopi memang bisa memberi efek menyegarkan. Ini karena kafein memiliki zat diuretik yang menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Saat tubuh dehidrasi, bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan tampak menggelap.

7. Mengalami suatu penyakit
Penyebab bibir hitam lainnya yang wajib kamu waspadai adalah penyakit anemia dan kekurangan vitamin dalam tubuh. Nggak hanya berdampak pada kesehatan, hal ini juga berdampak pada kondisi bibir lho.

Nah, itu penyebab bibir hitam yang wajib kamu waspadai. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com