Connect with us

Bolmong

Bupati Bolmong Terima DIPA Dan TKDD Tahun Anggaran 2021

DIPA merupakan dokumen rincian anggaran belanja Pemerintah pusat yang telah disusun atas dasar Keputusan Presiden yang memiliki fungsi sebagai dasar pelaksanaan anggaran.

Published

on

Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow saat menerima DIPA dan TKDD yang diserahkan Pjs Gubernur Sulut

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara secara resmi menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dana Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021 kepada 15 Kepala Daerah di Sulawesi Utara, Selasa 1 Desember 2020 bertempat di Hotel Four Point Manado.

Penyerahan DIPA dan TKDD ini langsung dilakukan oleh Pj Gubernur Sulut, Agus Fatoni didampingi Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi, Sulut Muhdi. Dalam penyerahan DIPA dan TKDD, Nampak Bupati Bolaang Mongondow, Yasti Soepredjo Mokoagow menerima secara langsung DIPA dan TKKD dari Pjs Gubernur Sulut.

DIPA merupakan dokumen rincian anggaran belanja Pemerintah pusat yang telah disusun atas dasar Keputusan Presiden yang memiliki fungsi sebagai dasar pelaksanaan anggaran. Adapun TKDD juga terdiri dari Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, DAK Nonfisik, Dana Insentif Daerah (DID), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Desa.

Pemerintah Provinsi Sulut pada 2021 menerima Dana Transfer ke Daerah senilai Rp 24,49 triliun. Dana tersebut dialokasikan dalam bentuk Belanja Kementerian/Lembaga (KL) Rp10,76 triliun atau 43,93 dan Dana Transfer sebesar Rp13,73 triliun atau 56,17 persen.

Sesuai instruksi Presiden terdapat empat fokus APBD tahun anggaran 2021 pertama yaitu meliputi bidang kesehatan seperti vaksin, lab penelitian dan sarpras kesehatan. Fokus Kedua, berfokus kepada perlindungan sosial dan kelompok rentan dan kemiskinan.

Fokus ketiga, peningkatan ekonomi nasional meliputi UMKM dan fokus keempat yaitu reformasi struktural.

“Saya berharap seluruh kepala daerah di Sulut untuk melaksanakan instruksi presiden yaitu memaksimalkan penggunaan anggaran untuk pembangunan daerah,” kata Pj Gubernur Sulut Agus Fatoni.

Diwaktu bersamaan Pemerintah Kabupaten Bolmong juga menerima DIPA dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut yang juga diterima Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow bersama para kepala daerah lainnya.

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Zonautara.com
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com