/

Terobosan Baru, Kartu Keluarga dan Akta Lahir Bisa Dicetak Sendiri

Kepala Disdukcapil Bolmong, Iswan Gonibala

BOLMONG, PANTAU24.COM-Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuat terobosan baru di bidang kependudukan khususnya Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran dokumen lainnya.

Kepala Dinas Dukcapil Bolmong, Iswan Gonibalal menyebut, kedepan, masyarakat bisa mencetak sendiri dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran menggunakan kertas HVS biasa.

“Sebenarnya persatu Juli 2020, program tersebut sudah bisa jalan, namun terlambat karena terkendala dengan anggaran. Sistem penganggaran kita tahun ini dibahas tahun lalu, sementara program jalan tahun ini, sehingga kemungkinan kita akan anggarkan pengadaan kertas tahun depan,” kata Iswan.

Dijelaskan, jika program itu sudah mulai dijalankan, Disdukcapil Bolmong mulai melayani masyarakat melalui online dengan menggunakan email.

“Jadi, kami tinggal minta email masyarakat, jadi bisa cetak di rumah jika ada printer sendiri, dan kertasnya sudah pakai HVS,” ucapnya.

Fakta menarik dan bermanfaat

Dia menambahkan, stok blangko KK yang ada tinggal dihabiskan berikutnya sudah pakai kertas HVS. “Jadi kapan-kapan masyarakat urus KK atau ada perbaikan, tinggal kirim email ke kita. Lalu kita kirim lagi, yang print warga sendiri,” tambahnya.

Program ini kata Iswan mempermuda masyarakat dalam mengurus KK, namun kendalanya masyarakat yang belum paham ITE. “Jadi ini harus orang yang tau ITE, kalo orang tuanya tidak tahu bisa anaknya. Tapi kalau tidak bisa, tetangganya,” pungkas Iswan.

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com