Bantu Lansia Mengingat Kembali Dengan Terapi Kenangan

Ilustrasi Pixabay.com

Oleh: Mariah Verrent Ponidjan. (Mahasiswa Keperawatan semester 6 UNIKA De La Salle Manado)

Pada masa tua banyak sekali masalah yang dapat terjadi. Salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi pada lansia adalah penyakit Demensia. 

Demensia adalah gangguan fungsi otak akibat matinya sel-sel otak dan menurunnya volume otak seseorang. Demensia biasanya ditandai dengan terjadinya penurunan kemampuan dalam mengingat sesuatu dan sulit mempelajari hal yang baru.

Walau kondisi demikian, beberapa peristiwa masa lalu yang berharga masih bisa dikenang dan diingat. Barang berharga, foto ataupun lagu kesukaan dapat menstimulasi pikiran yang disukai di masa lalu.

Dibutuhkan juga dukungan kuat dari keluarga atau kerabat serta pemicu kejadian masa lalu seperti tempat-tempat yang memiliki kenangan tertentu sehingga dapat membantu lansia mengingat riwayat pribadinya. Lalu apakah terapi kenangan itu ?

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Lakukan Hal ini Agar Sehat di Usia Lanjut

Terapi kenangan (Reminiscene Therapy) adalah teknik yang digunakan untuk mengingat dan membicarakan tentang kehidupan seseorang. Terapi ini digunakan pada lansia yang mengalami gangguan kognitif, kesepian dan pemulihan psikologis.

Metode yang digunakan pada terapi ini dengan menggunakan segala panca indra yaitu perabaan, penglihatan, pendengaran, penciuman dan pengecapan sehingga dapat memicu impuls memori.

Saat melakukan terapi, para pembimbing dapat menggunakan objek dalam berbagai kegiatan untuk membantu lansia mengingat kenangan tertentu. Aktivitas sederhana seperti bercakap-cakap juga mampu memicu pikiran bawah sadar akan mengingat kenangan masa lampau.

Berikut ini adalah contoh terapi kenangan yang menggunakan semua panca indra :

  1. Indra penglihatan

Melihat foto masa kecil, foto dengan keluarga atau kerabat dan bantu lansia terpicu untuk mengingat dimana dan siapa saja orang yang ada di foto tersebut.

  • Indra penciuman
Baca Pula:  Hubungan Interaksi Sosial Dengan Kualitas Hidup Lansia

Mencium aroma makanan sehari hari dan bantu lansia agar dapat membedakannya

  • Indra perabaan

Meraba berbagai benda sehari-hari dan bantu lansia agar dapat membedakan sifat benda tersebut

  • Indra pengecapan

Mencoba makanan favorit di masa lalu atau bantu lansia mengecap bumbu dapur yang biasa digunakan

  • Indra pendengaran

Mendengarkan lagu yang disukai di masa lalu

Nah, jika ada anggota keluarga anda yang mengalami gangguan mengingat atau mulai muncul gejala demensia lakukanlah terapi kenangan (Reminiscience Therapy) ini karena dapat membuat para lansia lebih percaya diri berbicara akan kejadian atau hal yang menyenangkan dan berarti baginya, memberikan efek relaksasi serta menimbulkan hubungan yang harmonis.

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com