Connect with us

CARI TAHU

Pentingnya Dukungan Keluarga Untuk Kualitas Hidup Lansia

Ada pula kegiatan yang baik dilakukan keluarga bersama lansia di rumah seperti halnya bermain catur.

Published

on

Ilustrasi dari Pixabay.com

Oleh: Maharany Ungkey (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Katolik De La Salle Manado)

Peningkatan suatu harapan hidup lansia mempunyai dampak yang dapat berpengaruh terhadap kualitas kesehatan pada lansia. Seorang lansia sangat membutuhkan sebuah dukungan atau support dari keluarga mereka masing-masing, karena lansia disini harus mendapatkan suatu perawatan, kepedulian dari keluarganya.

Keluarga merupakan faktor pendukung untuk lansia dalam mempertahankan kesehatan mereka. Keluarga merupakan tempat yang paling disenangi oleh lansia karena di dalam suatu keluarga mereka dapat menemukan dan merasakan adanya rasa perhatian, kasih sayang  yang baik, memiliki kenyamanan serta dapat membantu dan memberikan apa yang dibutuhkan atau diperuntukan oleh lansia di masa tuanya.

Disini Keluarga merupakan sekelompok kecil yang memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan, mengembangkan serta mencegah masalah yang ada pada lansia dengan cara memperbaiki masalah kesehatan yang terdapat pada lansia tersebut.

Baca Pula:  Bahaya Penyakit Lupus dan Penyebabnya

Peranan keluarga dalam perawatan lansia sangat penting antara lain merawat dan menjaga kesehatan lansia agar tetap selalu sehat dengan mengajak lansia untuk melakukan aktivitas fisik atau yang dimaksud disini yaitu seperti kegiatan olahraga ringan antara lain: jalan kaki, senam, bersepeda, dan yoga kegiatan-kegiatan tersebut untuk mempertahankan kebugaran dan kesehatan lansia, adapun menjaga pola makan yang baik, menghindari stress, dan  tidak mengonsmsi rokok karena merokok pada usia lanjut dapat memiliki resiko lebih besar, karena daya tahan paru-paru dan jantung sudah mulai lemah, berbeda dengan pada saat mudah, jantung dapat memompa darah lebih cepat dan lancar dalam mengeluarkan toksin (racun) dalam tubuh sehingga lansia seharusnya tidak boleh merokok dan mengonsumsi alkohol demi menjaga kesehatan yang baik di usia lanjut, ada pula mempertahankan dan meningkatkan status mental lansia, serta memberikan motivasi dukungan dan memberikan kebutuhan spiritual bagi lansia.

Fakta menarik dan bermanfaat
Baca Pula:  Catur dan TTS: Hubungannya dengan Kesehatan Lansia

Karena semua hal-hal tersebut digunakan untuk kepentingan kesehatan lansia. Ada pula kegiatan yang baik dilakukan keluarga bersama lansia di rumah seperti halnya bermain catur.

Permainan catur untuk lansia dapat bermanfaat baik untuk lansia seperti mencegah Alzheimer, dan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat pada usia lanjut.

Dukungan keluarga merupakan bantuan yang diberikan anggota keluarga pada lansia untuk memberikan sebuah kenyamanan dan juga salah satu hal terpenting yang diperlukan oleh lansia dalam mempertahankan kualitas hidupnya.

Dengan adanya dukungan dari keluarga yang baik, para lansia merasakan adanya yang memperhatikan dan menghargai keberadaan mereka sehingga akan membangkitkan rasa gembira dan motivasi dalam menjalani masa tuanya. Jadi, dukungan keluarga disini dapat memberikan dan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup lansia.