Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kemandirian Lansia

Ilustrasi dari Pixabay.com

Oleh: Yulita F. Rumsory, Mahasiswa di Fakultas Keperawatan, Universitas Katolik Dela Salle Manado

Menurut saya Lansia adalah seseorang yang sudah lanjut usia. Lansia pada hakekatnya sudah melewati tiga tahap kehidupan yaitu, masa anak , masa dewasa dan masa tua.

Tiga masa ini berbeda baik secara biologis maupun psikologis, dan juga perubahan fisik pada lansia hal ini ditandai dengan kulit mulai mengerut, rambut memutih, gangguan pada pendengaran, penglihatan mulai kabur, sering kali lupa (pikun), mudah tersinggung, dan cepat marah.

Dari perubahan- perubahan itu pada umumnya mengarah pada kemunduran kesehatan fisik dan psikis yang pada saatnya akan berpengaruh juga pada aktivitas sosial mereka, sehingga akan berpengaruh terhadap kemandirian lansia dalam melakukan aktifitas kehidupan sehari-hari.

Fakta menarik dan bermanfaat

Kondisi kesehatan lansia pada umumnya lansia tersebut tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari, mereka mengeluh karena merasa tidak senang dan bahagia dalam masa tuanya, berbagai kebutuhan hidup dasar mereka tidak terpenuhi, dan merasa sangat sedih dan juga khawatir dengan keadaan lingkungannya. 

Baca Pula:  Terapi Nonfarmakologi Untuk Lansia Yang Mengalami Insomnia

Kemandirian lansia yang dapat dilihat dari kemampuannya dalam melakukan aktivitas sehari-hari yaitu:

  •  Mandi sendiri ( bathing)

Menuntun lansia untuk dapat mandi sendiri, agar lansia tersebut dapat melakukan aktivitas yang sederhana dan tidak membuat lansia merasa cape, dan agar lansia  juga dapat melakukan aktivitas mandiri 

  • Memakai pakaian sendiri (dressing)

Memberikan petunjuk pada lansia, cara memakai pakaian dan celana sendiri, jadi kita harus menyiapkan pakaian yang akan di pakai terus memberikan aba- aba kepada lansia cara memakai pakaian dan celana yang benar. juga termasuk dalam aktivitas dan pergerakan otot-otot.

  • Buang air besar (toileting)

Membantu lansia pada saat lansia merasa ingin BAB, di saat itu kita menuntun lansia ke toilet dan saat itu juga kita harus menyiapkan air di dalam ember, dan menunjukan kepada lansia cara BAB yang benar itu seperti apa. agar pada saat lansia merasa BAB, lansia bisa tahu dan mandiri cara mengatasi pada saat ingin BAB. 

  • Buang air kecil (continence)
Baca Pula:  Lakukan Hal ini Agar Sehat di Usia Lanjut

Membantu lansia cara mengatasi BAK yang benar  itu seperti apa. Kita harus ,menyiapkan air di dalam ember, ketika lansia merasa ingin BAK, kita tinggal tuntun lansia ke toilet dan menunjukan cara BAK yang benar, agar lansia bisa mandiri dalam mengatasi BAK tersebut. 

  • Makan sendiri (feeding)

Menyiapkan makanan kepada lansia agar lansia bisa makan sendiri, itu juga salah satu aktivitas cara untuk dapat membantu lansia makan dengan benar, dan agar lansia bisa melakukan dengan sendirinya.

Ada pula lansia yang mampu melakukan aktivitasnya dan ada juga lansia yang tidak mampu melakukan aktivitasnya, sehingga yang mampu melakukan aktivitasnya lansia tersebut berjuang agar lansia bisa beraktivitas, dan juga ada yang tidak mampu sehingga lansia tersebut membutuhkan bantuan.

Dan pada saatnya lansia yang tidak mampu melakukan aktivitasnya akan selamanya lansia tersebut harus bergantungan pada orang lain agar bisa terpenuhi aktivitasnya. Maka salah satunya yang memengarui faktor- faktor kemandirian pada lansia.

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com