Lima Manfaat Kesehatan Ini Akan Datang Jika Anda Gemar Berkebun

ilustrasi berkebun. fotopexels.com
ilustrasi berkebun

PANTAU24.COM-Memiliki kegemaran berkebun tidak hanya berdampak baik pada kesehatan fisik, tapi kesehatan mental pun ikut terdampak.

Profesor Paul Dola, seorang ilmuwan asal Inggris pernah mengungkapkan bahwa tukang kebun dan penjaga toko bunga adalah dua pekekerjaan paling bahagia di dunia. Kedua pekerjaan ini bahkan dapat memberikan kebahagiaan yang setara dengan orang berpenghasilan baik atau bekerja di tempat bergengsi.

Lebih lanjut, dalam bukunya yang berjudul Happiness by Design, hampir 9 dari 10 tukang kebun dan tukang bunga menyatakan bahwa mereka memang senang.

Nah, berikut ini adalah lima manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda meluangkan waktu dan pergi berkebun.

  1. Lebih aktif

Berolahraga memang memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatknya suplai oksigen dan nutrisi ke dalam tubuh anda, mengurangi tekanan darah tinggi dan risiko kanker, hingga mempertahankan kepadatan tulang dan kekuatan otot.

Fakta menarik dan bermanfaat

Berkebun sama dengan berolahraga. Berkebun menjadi salah satu cara yang baik untuk melakukan olahraga selama akhir pekan. Anda mungkin akan mendapatkan full-body workout, tergantung pada apa yang anda lakukan.

Baca Pula:  Senin 23 November, Bolmut Ketambahan Dua Kasus Konfirmasi Positif Corona

Memotong rumput? Kaki Anda akan mendapatkan manfaat dari posisi jongkok yang Anda lakukan ketika sedang memotong rumput. Membawa pupuk? Lengan Anda akan melakukan kegiatan yang sama dengan kegiatan mengangkat beban.

  1. Terjun ke tanah dan kotor

Orang-orang yang gemar berkebun tentu tidak takut mendapati diri mereka kotor. Sebenarnya, di dalam tanah terdapat bakteri-bakteri yang baik untuk tubuh Anda dan dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, suasa hati juga dapat meningkat.

Tubuh kita juga sebenarnya membutuhkan keseimbangan bakteri (yang baik) untuk menjadi sehat.

  1. Terapi

Penelitian tentang manfaat dari berkebun telah menunjukkan beberapa hal dibawah ini:

  • Menurunkan tekanan darah dan dapat memotong risiko stroke dan serangan jantung hingga 30 persen bagi mereka yang berusia 60 tahun.
  • Dapat meningkatkan aktivitas otak.
  • Berkebun dapan memberi efek menangkan pada suasana hati Anda dan memberikan efek positif pada kesehatan mental.
  • Dapat mengurangi stress dan memberikan kepuasaan tersendiri ketika Anda melihat tanaman anda tumbuh dengan sehat.
  1. Menghijaukan Diri
Baca Pula:  Kesadaran Warga Bolsel Mengurus IMB Masih Rendah

Kita semua tahu bahwa kita harus mengonsumsi buah dan sayurah setiap hari. Lantas mengapa Anda tidak menanamnya sendiri? Ini merupakan salah satu manfaat dari melihat tanaman Anda tumbuh, memanennya, dan menambahkannya ke dalam sebuah hidangan yang sehat. Bagi Anda yang sudah memiliki anak, hal ini dapat menjadi contoh yang baik bagi mereka.

Menanam kale, misalnya. Kale memiliki sifat anti kanker dan mengandung 45 jenis antioksidan berbeda, vitamin K, dan Kalsium. Tanaman ini juga cukup mudah untuk tumbuh.

  1. Meditasi

Ketika sedang berkebun, seseorang akan memusatkan perhatiannya pada proses perawatan tanaman. Tidak jarang mereka bahkan berada pada posisi yang sangat tenang, hal ini mirip dengan proses meditas.

Bahkan dalam proses yang memicu tubuh untuk lebih tenang ini, seorang yang berkebun dapat memanfaatkannya sebagai waktu untuk refleksi diri.

Sumber: National Geographic

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com