Masa pandemi corona membuat kita harus menghabiskan banyak waktu di rumah, mulai dari melakukan pekerjaan kantor baik meeting dan lain sebagainya.

Hal ini pun berdampak bagi aktivitas keluarga dan termasuk anak-anak kita tentunya. Banyak kegiatan yang memaksa kita mengharuskan anak-anak untuk tidak keluar dan tetap belajar serta bermain di rumah.

Dari kejadian ini tak sedikit tentunya anak-anak yang juga diijinkan para orang tua untuk bermain gadget karena masa pandemi ini, dengan berbagai alasan yang tentunya dimiliki para orang tua. Untuk itu disaat masa tetap di rumah seperti ini, ada baiknya bagi para orang tua untuk sadar dan mengetahui berapa lama sebenarnya waktu yang tepat untuk para anak-anak bermain gadget agar tidak berdampak buruk.

Berikut durasi waktu yang disarankan untuk anak anda bermain gadget:

1. Usia 6 Tahun Ke Atas

Bagi anak-anak yang berusia 6 tahun ke atas, ada baiknya membuat kesepakatan dengan anak anda untuk bisa bermain gadget pada waktu atau hari-hari tertentu saja, dan dianjurkan bermain gadget selama 2 jam perhari.

2. Usia 2-5 Tahun

Bagi anak-anak yang usia 2-5 tahun, dianjurkan untuk bermain selama 1 jam per hari namun harus dengan tontonan atau program yang berkualitas.

3. Usia Dibawah 2 Tahun

Namun untuk anak-anak anda yang masih berusia di bawah 2 tahun dianjurkan untuk sama sekali tidak diberi akses pada gadget. Tapi, jika hal ini ingin anda lakukan ada baiknya anda harus mendampingi anak anda dan melakukannya selama kurang lebih 1 jam saja.

sumber: Alodokter