Kesehatan merupakan hal yang mahal dan hal ini pun sudah diakui oleh banyak orang di dunia termasuk dari kalangan para selebritas, pengusaha dan masyarakat lainnya.

Namun banyak orang yang tidak menyadari hal ini, dan sering mengabaikannya secara sengaja. Sehingga pada akhirnya mereka membuat tubuh mereka menerima dampak dari kebiasaan buruk tersebut.

Berikut ini kebiasaan buruk yang membuat daya tahan tubuhmu menurun dan menyebabkan kesehatan kamu tentunya terganggu:

1. Banyak makan, makanan yang digoreng

Kebiasaan kita orang Indonesia begitu menyukai makanan yang digoreng salah satunya cemilan dipinggir jalan yang selalu menjadi kegemaran masyarakat Indonesia.

Tapi tahukah kamu bahwa makanan yang serba digoreng dapat menurunkan nilai zat gizi dari suatu makanan, dan hal ini tentunya sering kita dengar dari beberapa ahli dan artikel kesehatan yang juga membahas hal ini.

Untuk itu ada baiknya makanan tersebut dimasak dengan cara dipanggan atau direbus namun tidak diatas 200 derajat celcius agar nilai zat gizinya tetap terjaga.

2. Banyak mengkonsumsi gula

Ahli gizi Rita Ramayulis, dikutip dari cnnindonesia mengatakan bahwa konsumsi gula seharusnya dibawah 5 persen dari energi total atau setidaknya 26 gram.

Mengkonsimsi gula berlebih dapat dapat menyebabkan kemampuan sel darah putih menjadi lemah karena gula disukai bakteri jahat sehingga dapat menekan bakteri baik, jelas Rita.

3. Memilih terus berada di dalam rumah atau ruangan

Untuk terus menjaga kesehatan tubuh, seseorang tidak bisa berdiam diri di rumah atau dalam ruangan saja.

Tubuh juga memerlukan bantuan sinar matahari untuk memproduksi vitamin D yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Menurut Rita, sinar matahari yang baik dari pukul 10.00-14.00 siang untuk kekebalan tubuh dan dilakukan selama 15 menit.

4. Suka rebahan atau malas bergerak

Banyak anak muda yang sangat menyukai rebahan dan menyebabkan mereka malas untuk bergerak, memilih berdiam diri dalam kamar sambil bermain gadget dan sampai lupa waktu dan juga makan.

Perlu kamu ketahui hal ini dapat meningkatkan berat badan atau obesitas dan menyebabkan kondisi daya tahan tubuhmu menurun.

Untuk itu diperlukan bagi kita melakukan aktivitas yang banyak bergerak agar salah satunya dengan berolahraga ringan tiap harinya.

5. Waktu tidur yang buruk di malam hari

Ada beberapa orang memilih untuk begadang tiap malam dan memilih tidur disaat menjelang pagi, karena alasan yang berbeda-beda. Padahal waktu tidur yang baik pada malam hari adalah 7-8 jam, hal ini dapat membantu tubuh untuk kembali fit dan energi setelah sebelumnya melakukan banyak aktivitas.

Dan untuk pada pukul 23.00-02.00 malam adalah merupakan saat produksi hormon pertumbuhan dan jika sering terbangun pada jam tersebut dapat menurunkan imunitas atau kekebalan tubuh seseorang, sehingga jangan kaget jika banyak dari kita yang ketika bangun pada pagi hari tubuh merasa kurang fit.