Connect with us

Editor's Pick

7 Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Di Sisi Kiri Anda

Published

on

PANTAU24.com – Tahukah anda bahwa posisi tidur dapat menjadi sebuah skenario ke hal apa pun yang Anda inginkan?.  Ada banyak posisi umum yang diasumsikan orang ketika mereka tertidur, posisi perut menyamping, posisi punggung, atau meringkuk seperti janin.

Beberapa orang berbaring relatif diam sepanjang malam, dan yang lain berguling-guling. Semuanya baik-baik saja selama Anda bangun dan merasa tidak sakit.

Tubuh Anda sebenarnya masih cukup aktif selama tidur, menyimpan kenangan, mencerna makan malam, dan mengisi ulang tenaga Anda, dan tentu saja mengambil oksigen serta mengedarkan darah.

Ternyata, posisi yang Anda ambil saat tidur membuat perbedaan besar dalam aktifitas tidur. Tidur di sisi kiri Anda adalah standar utama dalam posisi tidur, dan ada 7 alasan kuat mengapa itu diperlukan.

1. Meningkatkan Pencernaan

bruce mars at Pexels

Apakah orang tua Anda pernah memberi tahu Anda bahwa makan sebelum tidur adalah hal yang buruk, karena makanan itu hanya akan tersimpan sepanjang malam dan membuat Anda gemuk? Tetapi itu tidak benar, karena pencernaan terus berkerja pada apakah Anda bangun ataupun tertidur.

Tubuh kita masih sibuk selama tidur dan membutuhkan bahan bakar untuk mendapatkan hasil maksimal sepajang waktu.

Meskipun pencernaan terus bekerka dan tidak peduli bagaimana posisi Anda tidur, tetapi Adan dapat membantu tubuh melakukan pekerjaan dengan memilih tidur di sisi kiri Anda.

Hal itu karena perut kita berada di sisi kiri perut, dan ketika Anda berbaring di sisi kiri, itu memungkinkan makanan masuk ke usus besar dengan lebih mudah. Ini juga menjaga perut berada di atas pankreas, yang mendukung aliran bebas enzim pencernaan.

2. Membuat Jantung Beristirahat

Pixabay at Pexels

Jantung harus terus berdetak tanpa jeda untuk mempertahankan kehidupan. Itu pekerjaan besar, dan itu dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor mulai dari pola makan hingga kualitas udara lingkungan.

Tidak heran jika penyakit jantung adalah pembunuh utama orang dewasa di seluruh dunia. Untuk meminimalkan risiko, buat pekerjaan jantung Anda lebih mudah dengan tidur di sisi kiri Anda.

Kedengarannya seperti hal kecil, tetapi ketika Anda tidur di sisi kiri, Anda membiarkan gravitasi membantu jantung menggerakkan darah. Aorta Anda membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh, dan melengkung ke kiri saat memulai rutenya. Arahnya ke bawah, dan saat kita berbaring, jantung memiliki sedikit pekerjaan untuk membuat darah itu bergerak.

3. Meredakan Sakit Punggung

rawpixel.com at Pexels

Siapa di antara kita yang saat terbangun merasakan ketegangan di punggung atau leher?. Jika Anda lebih sering sakit saat bangun, tidur di sisi kiri mungkin akan membantu Anda.

Tidur di sisi kiri mengurangi stres pada tulang belakang. Semakin banyak tekanan pada punggung saat tidur, semakin banyak usaha yang dibutuhkan otot untuk menjaga kesimbangan tubuh dari yang seharusnya. Terlebih lagi, ketika tidur di sebelah kiri, ini akan meningkatkan sirkulasi darah. Hal itu memiliki efek mengurangi peradangan yang terkait dengan otot yang tegang.

4. Mendukung Sistem Limfatik

Kha Ruxury at Pexels

Sistem limfatik adalah jaringan pembuluh yang membawa cairan bening yang disebut getah bening. Sistem ini memainkan peran kunci dalam memindahkan cairan ke seluruh tubuh, dan juga dalam fungsi kekebalan tubuh kita. Limfon dapat membawa racun dan produk limbah lainnya, sehingga penyumbatan di mana pun dalam sistem bisa beraibat buruk bagi kesehatan.

Sudah lama dikenal bahwa tidur di sisi kiri membantu sistem limfatik menyaring limbah. Getah bening mengalir ke kiri melalui saluran toraks, jadi sekali lagi, posisi ini memungkinkan gravitasi membantu fungsi tubuh alami.

5. Kurang Mulas

Pixabay at Pexels

Wow, apakah mulas sakit. Ini bisa menjadi efek samping dari makan sebelum tidur, karena posisi tengkurap dapat membuat asam lambung lebih mudah merambat ke kerongkongan. Menariknya, para ilmuwan telah menemukan bahwa tidur di sisi kiri dapat meminimalkan mulas, daripada posisi tidur di sebelah kanan.

Ketika kita berbaring di sisi kiri, posisi lambung dan kerongkongan berada pada posisi yang lebih tinggi sehingga menjaga masuknya asam lambung. Namun, jika tidur di sisi kanan, sfingter esofagus bagian bawah lebih rileks dan dapat membuat asam merembes masuk.

6. Penting Untuk Wanita Hamil

Alicia Zinn at Pexels

Wanita hamil mengedarkan darah untuk dua tubuh. Ini adalah pekerjaan intens yang membutuhkan volume darah lebih besar dari yang seharusnya. Sementara itu, bayi yang sedang tumbuh memperluas rahim dan memberi tekanan pada tulang belakang dan organ-organ lainnya.

Berbaring di sebelah kiri membuat sirkulasi darah tetap mengalir dengan bebas dan menghilangkan ancaman tekanan pada bayi dari tulang belakang ibu. Secara keseluruhan, berbaring di sisi kiri memberikan aliran darah terbaik untuk kedua tubuh.

7. Mencegah Mendengkur

Alex Kremer at Pexels

Jika pasangan Anda mendengkur sepanjang malam, tidur di sisi kiri bisa menjadi solusi untuk mengatasi suasana yang menganggu ini. Sebelum Anda terlalu bersemangat, ini tidak akan menyembuhkan semua penyebab mendengkur. Tapi ini bisa menjaga lidah dan tenggorokan Anda dalam posisi yang lebih netral dan membuat saluran udara bersih.

Saat tidur, mulut, tenggorokan, dan lidah dalam posisi rileks. Tidur adalah yang terburuk bagi para pendengkur, karena jaringan-jaringan itu rileks ke arah belakang dan sebagian dapat menghalangi jalan napas. Mendengkur adalah getaran yang disebabkan oleh udara yang tertarik melalui ruang yang penuh itu.

Hosting Unlimited Indonesia
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com